anjing gendut
anjing gendut

Tidak hanya terjadi pada manusia saja, namun yang namanya obesitas bisa juga dialami pada hewan peliharaan dan salah satunya adalah anjing. Meski sebagian besar menganggap bahwa anjing gendut terlihat lucu dan menggemaskan namun jika berat badannya berlebih juga cukup berbahaya bagi kesehatannya. Mengapa? Akan banyak gangguan berbahaya yang bisa saja terjadi dan kondisi ini tidak diinginkan bukan? Itu sebabnya, Anda harus mengetahui atau mengenal apakah anjing peliharaan Anda mengalami masalah berat badan atau tidak. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan secara detail.

Sebagai langkah awal Anda bisa memeriksa bentuk tubuh anjing kesayangan Anda. Jika terlihat agak gemuk dan berbentuk oval maka anjing tersebut adalah gemuk bahkan bisa mengarah pada obesitas. Namun, jika tubuh anjing tersebut memiliki pinggang yang cukup jelas terlihat di bagian belakang maka besar kemungkinan berat badannya tidak berlebih.

anjing gendut

Kemudian, mengenal apakah anjing gendut atau tidak dengan cara melihat perilakunya sehari hari. Biasanya, anjing yang mengalami masalah berat badan cenderung tidak aktif untuk mencari makanan. Kemudian, jika anjing kerap mengalami masalah saat berjalan atau mudah lelah saat beraktifitas. Malas untuk bergerak dan terlalu sering tidur kemungkinan besar anjing Anda mengalami kegemukan.

Cara ketiga dan terbilang cukup efektif adalah menimbang anjing. Untuk cara ini Anda bisa mengunjungi dokter hewan karena mereka mengetahui secara pasti apalah anjing kesayangan Anda gendut atau tidak berdasarkan berat ideal anjing. Jika Anda melakukannya sendiri maka hasilnya bisa diragukan karena tiap ras anjing memiliki berat badan ideal yang berbeda beda. Enaknya lagi, dengan konsultasi ke dokter hewan maka Anda akan mendapatkan rekomendasi atau tips bagaimana mengatasinya dengan baik dan sehat.

Berbicara soal informasi yang berkaitan dengan kesehatan anjing peliharaan bukanlah satu hal yang sulit untuk didapat. Ada banyak situs yang membahas seputar obesitas yang dialami oleh anjing atau hewan peliharaan lainnya. Salah satunya adalah Royal Canin yang banyak memberikan tips dan panduan secara update termasuk bagaimana mengenal tanda anjing gendut dan solusinya.