pinjaman dana tunai

Berencana mau mengajukan pinjaman dana tunai ke Bank? Nah, untuk bisa mengajukan pinjaman ke bank, setidaknya ada berbagai cara agar pinjaman anda bisa diterima dan juga berjalan dengan baik. Karena kalau dilakukan secara asal-asalan, bisa jadi maksud anda meminjam ke Bank, malah berujung tidak baik.  

Adapun cara mengajukan pinjaman dana tunai ke Bank ini agar bisa berjalan lancar, bisa anda simak sebagai berikut: 

  • Mempersiapkan persyaratan pengajuan pinjaman

Ketika anda mau memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana ke Bank, maka setidaknya anda harus mempersiapkan berbagai persyaratan pengajuan pinjamannya, sebagai berikut:

pinjaman danja tunai
  1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Foto copy kartu keluarga (KK)
  3. Foto copy akta nikah (Bagi yang sudah berkeluarga)
  4. Foto copy buku tabungan
  5. Foto copy NPWP
  6. Slip gaji atau laporan keuangan yang lainnya
  7. Dan berbagai dokumen pendukung lainnya.
  • Mempersiapkan jaminan atau agunan

Supaya pengajuan pinjaman anda bisa mudah untuk disetujui, maka sebaiknya anda menyertakan jaminan atau agunan kepada pihak Bank. Apalagi jika anda membutuhkan dana yang cukup besar, maka untuk jaminan yang diberikan juga seharusnya senilai dengan harga jual dari jaminan tersebut. 

  • Menyesuaikan nilai pinjaman dengan kemampuan bayar

Anda harus ingat, bahwa jumlah uang yang diberikan oleh pihak Bank bukanlah hasil hibah semata, melainkan harus dibayar kembali sesuai dengan angsuran di setiap bulannya. Dengan demikian, anda wajib untuk menyesuaikan nominal pinjaman dengan kemampuan bayar anda di setiap bulannya. Setidaknya, anda sudah memiliki perhitungan sendiri mengenai nominal angsuran yang bisa anda bayarkan di setiap bulan, berdasarkan sisa dari penghasilan bisnis yang anda kelola. 

  • Menentukan jangka waktu pinjaman

Saat anda akan mengambil pinjaman dana tunai ke Bank, menentukan jangka waktu atau tenor pinjaman juga menjadi sangat penting untuk anda pertimbangkan. Yang mana memilih tenor yang singkat, memiliki keunggulan di jumlah bunga yang terhitung rendah, daripada memilih tenor yang lebih lama. Dengan demikian, anda harus bijak dalam menentukan tenor ini, jangan sampai terjadi gagal pembayaran, yang bisa mengakibatkan nama anda bisa di blacklist dalam dunia perbankan.