tagihan bpjs

Bagi pengguna layanan BPJS Kesehatan, perlu selalu menjaga akun tetap aktif supaya bisa 

terus gunakan layanannya. Lalu, bagaimana cara cek tagihan BPJS ? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Cek Tagihan BPJS 

Berikut ini 5 cara cek tagihan BPJS praktis dan mudah yang bisa anda lakukan :

1. Whatsapp

Anda bisa menggunakan whatsapp untuk cek tagihan bpjs kesehatan. Caranya gampang. Tinggal chat ke nomor ini 0811-8750-400. Nanti anda akan dipandu petugas lewat WA untuk pengisian dan pengecekan data.

2. SMS

Selain wa, anda juga menggunakan SMS. Melalui SMS bisa cek tagihan BPJS Kesehatan. Tinggal ketikan masukan format berikut. Ketikan Nomor Induk kependudukan (NIK) anda. 

Tagihan bpjs

Atau bisa juga menggunakan Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA). Pastikan tidak ada yang salah. Setelah itu tinggal kirim ke nomor 087777-5500-400. Ini adalah nomor khusus layanan BPJS.

3. Website

Selain dua cara diatas. Anda juga bisa gunakan metode lain. Yaitu gunakan website untuk cek tagihan BPJS Kesehatan. silakan akses web resminya https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.  Lalu, isi data yang diminta. 

Jika sudah ada akun, tinggal log in ke website tadi. Untuk login masukkan nomor kartu BPJS anda dan masukan data lain dengan benar seperti tanggal lahir dan angka validasi. Klik CEK setelah anda mengisi semua data, maka informasi tagihan akan muncul.

4. Gunakan Aplikasi Resmi JKN

Cara lainya cek tagihan BPJS adalah menggunakan aplikasi resmi BPJS yaitu JKN. Anda bisa mendownloadnya di playstore maupun apps store. 

Setelah download, registrasi dengan memasukan NOKA dan gunakan alamat email aktif anda. Lalu login pakai data yang tadi sudah anda daftarkan.

Setelah berhasil login, masuk ke aplikasi lalu pilih opsi Tagihan, kemudian menu Premi. Disitu akan muncul informasi tagihan BPJS Kesehatan anda.

5. Cek Tagihan BPJS di aplikasi SimobiPlus

Selain itu, masih ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan. Yaitu menggunakan aplikasi Simobi Plus milik bank Sinarmas. Aplikasi ini bisa diunduh di playstore maupun apps store dan perlu koneksi internet untuk mengoperasikannya.

SimobiPlus digunakan untuk memudahkan nasabah bank Sinarmas dalam melakukan transaksi keuangan dengan mudah secara online cuma lewat HP. Cara menggunakannya cukup mudah. Tapi sebelumnya anda harus melakukan registrasi lebih dulu. 

Registrasi dilakukan di cabang bank Sinarmas.  Adapun dalam proses  registrasi ini nantinya untuk mendapatkan ID dan PIN, petugas akan membantu anda. Setelah berhasil registrasi dan peroleh akun. Anda bisa mulai gunakan aplikasi SimobiPlus.

Anda bisa melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan di aplikasi ini. Juga dapat mengakses fitur fitur keuangan bank Sinarmas, hanya dengan ponsel anda di SimobiPlus.

Manfaat SimobiPlus Untuk Kebutuhan Cek Tagihan dan Transaksi BPJS 

  • Proses mudah kapan saja dimana saja secara online dan realtime.
  • Potongan administrasi murah, cuma Rp.2500 per transaksi BPJS Kesehatan.
  • Proses pembayaran cepat, gampang. 
  • Tingkat keamanan terjamin.
  • Cara Cek Tagihan dan Bayar BPJS Kesehatan di SimobiPlus

Cara cek tagihan dan bayar BPJS Kesehatan dengan mudah di SimobiPlus

1.  Pastikan sudah dapat ID dan PIN (Akun) yang sebelumnya diperoleh di Bank Sinarmas.

2. Download dan Instal Aplikasi SimobiPlus.

3.  Setelah berhasil instal, buka aplikasi Simobi Plus di HP anda. Pastikan koneksi internet lancar. 

4. Masukan ID dan PIN anda. 

5. Setelah berhasil masuk aplikasi. Akses menu BPJS Kesehatan. Masukan Nomor kepesertaan BPJS anda, lalu akan muncul jumlah tagihan. 

Cara Bayar BPJS Kesehatan di SimobiPlus

  • Setelah cek tagihan, kini anda bisa juga membayar tagihan BPJS anda. Caranya gampang berikut ini.
  • Tinggal masuk ke opsi pembayaran pada menu pembayaran BPJS Kesehatan.
  • Kemudian anda diminta masukan kembali nomor kartu BPJS Kesehatan. Pastikan mengisi angka dengan benar supaya bisa melanjutkan proses berikutnya.
  • Masukan juga jumlah bulan tagihan yang akan dibayar. Lalu akan tampil nominal tagihan BPJS anda.
  • Cek tagihan anda sebelum melakukan pembayaran untuk memastikan informasi yang anda input benar.
  • Selanjutnya, masuk ke menu pembayaran lalu bayar berdasarkan tagihan yang muncul. 
  • Pastikan saldo anda mencukupi. karena akan memotong tabungan anda di bank sinarmas. 
  • Selesai, anda sudah berhasil membayar tagihan BPJS Kesehatan.

Itulah tadi 5 cara cek tagihan BPJS  kesehatan praktis dan cara bayar iuran BPJS dengan mudah. Akan lebih mudah transaksi menggunakan aplikasi digital seperti Simobiplus. Sebab menawarkan solusi praktis membayar berbagai tagihan termasuk BPJS. Selain itu, bagi nasabah bank Sinarmas, aplikasi ini berguna untuk mengakses berbagai produk dan layanan keuangan bank sinarmas. Anda bisa mengecek selengkapnya disini https://www.banksinarmas.com/id/layanan/bpjs-kesehatan.