Desain ruang tamu sederhana
Desain ruang tamu sederhana

Dalam sebuah rumah, ruang tamu menjadi ruangan utama yang umumnya terletak di bagian paling depan. Letaknya itu berhubungan dengan fungsi ruangan tersebut yang memang diperuntukkan untuk menerima tamu. Sebagai ruang paling depan dan menjadi yang paling pertama terlihat oleh tamu, ruang tamu sebaiknya ditata sedemikian rupa. Tidak ada salahnya menerapkan desain ruang tamu sederhana dengan berbagai penambahan aksen atau ornamen yang diperlukan.

Desain ruang tamu bergaya sederhana saat ini sedang menjadi tren di kalangan generasi muda. Ruang tamu yang didesain sederhana terlihat dari pemilihan tema warna yang umumnya berupa warna netral atau hanya menerapkan satu atau dua warna saja. Pemilihan perabot yang ditempatkan di ruang tamu juga tidak terlalu rumit. Desain ini penting untuk diterapkan karena beberapa alasan berikut ini.

https://www.gordenjogja.co.id/wp-content/uploads/2021/04/dekorasi-ruang-tamu-sederhana.jpg
Desain ruang tamu sederhana
  1. Agar Terkesan Lapang

Seperti sudah disebutkan bahwa desain ruang tamu sederhana identik dengan penggunaan furniture yang tidak terlalu banyak. Perabot yang ditempatkan di ruang tamu berupa barang-barang yang hanya benar-benar dibutuhkan fungsinya. Misalnya, sebuah sofa minimalis dengan satu meja dengan desain simpel yang menjadi titik fokus pada ruang tamu. Sedangkan ornamen pendukung lain hanya sebagai pilihan, seperti penempatan standing lamp yang juga bisa digantikan dengan lampu gantung. Tujuan dari pemakaian perabot yang serba minimalis ini adalah agar ruang tamu terkesan lebih lapang.

  1. Mengutamakan Kenyamanan

Sebagaimana diketahui bahwa fungsi utama ruang tamu adalah untuk menerima kedatangan orang lain. Selain itu, biasanya tamu yang berkunjung membawa maksud tertentu dan membutuhkan waktu mengobrol dengan pemilik rumah. Maka dari itu, ruang tamu sebisa mungkin harus dibuat sangat nyaman untuk tamu dan kenyamanan itu bisa terwujud apabila desain ruang tamu dibuat sederhana. Tanpa banyak benda yang ditempatkan, ruang tamu akan menjadi ruangan yang bisa membuat suasana lebih nyaman dan hangat.

  1. Tidak Sulit dalam Merawatnya

Karena merupakan ruangan yang akan dilihat orang lain, maka ruang tamu harus selalu dijaga kebersihannya. Cara yang paling umum menjaga kebersihan ruang tamu yaitu dengan rutin menyapu atau mengepel lantainya, membersihkan perabotannya dari debu serta memastikan tatanannya selalu rapi. Ruang tamu dengan konsep sederhana sangat memudahkan dalam hal perawatan. Ruang tamu yang demikian tidak memerlukan proses yang panjang serta rumit ketika membersihkan dan tentunya bisa menghemat waktu dan tenaga.

  1. Bisa Meminimalisir Biaya

Dalam proses membangun rumah, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi di zaman sekarang, biaya membangun rumah semakin lama semakin mahal. Namun jika menerapkan desain sederhana pada ruang tamu, biaya tersebut bisa dihemat. Pasalnya ruang tamu sederhana tidak membutuhkan banyak ornamen dalam pembuatannya. Termasuk ketika akan melengkapi ruang tamu tersebut dengan perabotan, konsep sederhana bisa diterapkan dengan memilih furniture yang simpel dan terjangkau harganya.

  1. Mudah Dikreasikan

Ruang tamu dengan desain yang sederhana memungkinkan pemilik rumah untuk melakukan banyak improvisasi. Jika bosan dengan tatanan tertentu, pemiliknya bisa mengubah sesuka hati kapan saja. Karena desainnya yang simpel, maka perubahan dalam penataan itu sangat mudah dilakukan dan sama sekali tidak merepotkan. Menariknya lagi, proses renovasi ruang tamu sederhana diperkirakan tidak akan menelan biaya yang banyak karena tidak membutuhkan perubahan yang rumit.

Untuk mendesain ruang tamu sederhana yang sesuai dengan yang kita inginkan, segera kunjungi master rumah. Karena master rumah menjadi pilihan untuk rumah bergaya minimalis dan cocok untuk generasi modern. Penting untuk memperhatikan setiap detail dari penataan ruang tamu sederhana agar tercipta ruangan yang nyaman dan terlihat menarik.