Content marketing
Content marketing

Dalam persaingan dunia bisnis di era modern seperti sekarang ini, pembuatan content marketing yang menarik menjadi sesuatu hal yang sangat penting dilakukan jika Anda menginginkan kemajuan dalam bisnis Anda. Karena melalui konten marketing yang menarik, Anda akan dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan konsumen. Ditambah lagi bahwa di zaman modern seperti saat ini, hampir semua aktivitas pemasaran difokuskan pada pemasaran secara digital, hal ini tentu audiens akan terfokus pada konten yang ditampilkan.

Buatlah Konten Yang Berkualitas dan Sesuai Tren

Cara tepat dalam membuat konten yang berkualitas dan dapat membangun interest dari para audiens, Anda perlu mengetahui apa yang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Dan untuk mengetahui hal ini, Anda dapat melakukan riset dengan berbagai cara, salah satunya melakukan browsing di internet untuk mencari tahu topik apa yang sedang ramai diperbincangkan oleh para pengguna di beberapa platform internet.

Setelah Anda mengetahui trend topik yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat, langkah selanjutnya adalah Anda memilih dan menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnis yang dimiliki. 

Konten Harus Mendefinisikan Audiens Anda

Meskipun Anda belum mengetahui siapa target audiens, apa yang mereka butuhkan ataupun dimana mereka berada, pastikan konten yang Anda buat tetap harus mampu mendefinisikan target audiens Anda. Anda perlu mengetahui lebih dalam akan lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan dan karakteristik masing-masing audiens. Posisikan diri Anda sebagai audiens dan mulailah memahami motivasi yang dimiliki.

Misalnya, jika bisnis Anda adalah penjualan gadget, dan target audiens merupakan merupakan yang memiliki berusia 14-40 tahun yang sadar akan teknologi, maka konten yang dibuat haruslah mencerminkan kemajuan teknologi saat ini. Pastikan konten marketing Anda berisikan informasi-informasi mengenai teknologi terkini, dan fungsi dari gadget yang ditawarkan.

Content marketing

Dengan konten marketing seperti ini, minat dari para audiens sudah pasti akan semakin meningkat.

Repurpose Konten Anda

Mungkin Anda akan berpikir bahwa setiap konten yang dibuat harus merupakan konten original. Hal ini tentu benar, akan tetapi terkadang dengan melakukan repurpose untuk konten yang pernah dibuat sebelumnya juga akan dapat menjadi sesuatu yang menarik.

Informasi lama yang sebelumnya pernah ditampilkan dapat Anda tampilkan kembali namun dikemas dengan cara yang berbeda tapi tetap mengandung informasi yang sama. Melakukan repurpose pada sebuah konten akan dapat menghemat banyak waktu. Namun meski begitu, dari segi hasil tentunya akan tetap dapat menarik perhatian para audiens Anda.

Promosikan dan Distribusikan Konten

Setelah semuanya terlaksanakan dengan baik, bukan berarti tugas Anda berhenti saat kamu berhasil membuat konten yang menarik saja. Setelah konten selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah untuk mendistribusikannya.

Pendistribusian konten dapat dilakukan melalui beberapa platform seperti sosial media, website, blog, dan channel promosi lainnya. Pastikan Anda mendistribusikan konten yang telah dibuat secara rutin dan selalu update agar lebih banyak audiens yang didapatkan.

Tetapkan Tujuan

Semua pengusaha yang ditanya mengenai apa yang diharapkan dari konten marketing yang dibuat, tentu hampir semuanya menjawab demi meningkatkan nilai penjualan.

Akan tetapi, hal yang harus Anda ketahui bahwa pembuatan konten marketing yang menarik harus dilakukan secara berkala dan bertahap agar dapat mencapai hasil akhir berupa peningkatan penjualan.

Oleh karena itu, agar proses pemasaran berjalan dengan baik dan tidak mengganggu proses produksi, Anda bisa menyerahkan pemasaran digital tersebut pada agensi profesional seperti IDEOWORKS.id. IDEOWORKS.id sendiri merupakan agensi yang bergerak di bidang digital marketing. Mereka juga memiliki tenaga ahli yang berpengalaman sehingga akan tepat jika menyerahkan pemasaran digital Anda pada mereka.