perhiasan berlian

Wanita dan perhiasan merupakan dua hal yang mungkin tak bisa dipisahkan. Bagi kebanyakan wanita, perhiasan adalah sesuatu benda dapat menambah kecantikannya jika dikenakan secara tepat. Selain itu, mengenakan perhiasan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Maka tak heran, jika perhiasan menjadi salah satu pelengkap penampilan yang wajib bagi kaum hawa. Tak berhenti sampai disitu, perhiasan juga bisa menjadi koleksi yang tak lekang oleh waktu. Baik itu perhiasan dari emas maupun perhiasan berlian, seperti cincin berlian, kalung berlian, anting-anting dan gelang.

Semua itu merupakan perhiasan yang wajib dimiliki oleh wanita, apalagi di era modern seperti sekarang ini dimana penampilan merupakan hal yang dianggap sangat penting. Namun, perhiasan berlian berbeda dengan perhiasan lain. Sebelum memutuskan untuk membelinya Anda harus memastikan keaslian dari batu mulia tersebut. Berikut 5 cara mudah untuk mengecek keaslian berlian. 

perhiasan berlian
  1. Tes embun

Cara mengecek keaslian berlian yang pertama adalah dengan tes embun. Caranya yaitu, letakkan berlian di depan mulut Anda dan hembuskan napas ke arah berlian tersebut. Jika berembun dan bertahan selama beberapa detik, kemungkinan berlian tersebut palsu. Berlian asli umumnya akan segera mendispersikan panas dari napas Anda dan tidak mudah berembun. Jika didiamkan beberapa detik sekalipun setelah diberikan hembusan, dan Anda belum melihatnya, maka hasilnya akan tetap. Berlian mengering lebih cepat daripada jenis batuan lain.

  1. Perhatikan kebiasan (refractivity) berlian

Berlian memiliki sifat yang bisa membiaskan cahaya yang melaluinya sehingga penampilannya akan berkilau terang. Batuan selain berlian, seperti kaca dan kuarsa kilauannya tidak mampu menyaingi berlian karena memiliki indeks kebiasan yang lebih rendah. Kilauan berlian sulit diubah bagaimana pun caranya, bahkan dengan potongan yang ahli sekalipun. Hal tersebut dikarenakan sifat yang tetap pada batuan itu. Dengan memperhatikan sifat kebiasan (refractivity) berlian dengan teliti, Anda akan bisa mengetahui apakah berlian itu asli atau palsu.

  1. Perhatikan bayangannya

Cara selanjutnya yaitu dengan memperhatikan bayangannya. Bayangan berlian asli umumnya merupakan variasi dari warna yang keabu-abuan. anda bisa melihatnya lurus ke arahnya dari atas berlian. Jika pantulan yang terlihat adalah warna pelangi, maka kemungkinan berlian tersebut memiliki kualitas rendah atau bahkan palsu.

  1. Tes air

Tes yang satu ini dilakukan dengan cara mencemplungkan berlian ke dalam segelas air dan lihat apakah tenggelam ke dasar gelas. Berlian asli memiliki kerapatan yang tinggi, sehingga akan membuatnya tenggelam ke dasar air. Kaca atau kuarsa akan mengapung di permukaan atau melayang di tengah gelas yang diisi air tersebut.

  1. Uji ketahanan panas

Panaskan berlian lalu kemudian perhatikan reaksi setelahnya, apakah pecah atau tidak. Anda memanaskannya dengan menggunakan korek api selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, kemudian Anda masukan berlian tersebut kedalam segelas air dingin. Kontraksi dari panas ke dingin yang cepat akan dapat menyebabkan bahan yang lebih lemah seperti kaca atau kuarsa kewalahan, sehingga benda itu akan retak dari dalam bahkan pecah. Sebaliknya, Berlian asli cukup kuat sehingga tidak akan terjadi apa-apa.

Itulah setidaknya 5 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian berlian pada perhiasan. Selain dengan melakukan hal yang disebutkan diatas, cara mudah untuk mendapatkan perhiasan berlian asli adalah dengan membelinya di toko yang profesional dan reputasi yang baik. Untuk urusan toko, Anda dapat mempercayakan sepenuhnya pada Mondial Jeweler. Mondial Jeweler sendiri merupakan toko yang menyediakan beragam jenis perhiasan dengan jaminan keaslian dan juga kualitas terbaik. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi website resminya di https://mondialjeweler.com