hand held metal detector
hand held metal detector

Metal detector atau alat pendeteksi metal memiliki jenis-jenis yang beragam. Salah satu jenis metal detector yang mungkin sudah sering Anda lihat adalah hand held metal detector. Seperti nama yang disematkan, metal detector ini digunakan dengan cara dipegang langsung. Penggunaannya biasanya untuk mendeteksi logam yang berhubungan dengan keamanan. Ukurannya yang kecil membuat alat ini mudah dibawa ke mana saja. Berikut ini beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui mengenai hand held metal detector:

Bentuk dan ukuran

Metal detector satu ini sepertinya menjadi metal detector yang paling sering Anda temui. Pasalnya sering terlihat digunakan oleh security di berbagai situasi penting. Bentuknya sendiri seperti tongkat dengan lubang di bagian ujungnya. 

Ukuran atau beratnya hanya sekitar 450 gram saja sehingga masih terbilang sangat ringan. Karena ringan, alat ini bisa dibawa ke mana saja oleh para security tanpa merasa keberatan atau terganggu. Hal tersebut berbeda dengan walkthrough metal detector yang besar dan tidak bisa dibawa ke mana saja. 

hand held metal detector

Fungsi dan Kegunaan

Fungsi hand held sama saja seperti metal detector lainnya yaitu untuk mendeteksi benda yang terbuat dari logam. Alat ini menjadi bagian dari metal detector security atau metal detector yang digunakan untuk kebutuhan keamanan. Jadi fokus logam yang dicari bukan logam mulia seperti emas namun benda-benda berbahaya yang biasanya terbuat dari logam. Contohnya yaitu benda tajam, bom, senjata api, dan lain sebagainya.

Karena fungsinya untuk keamanan, hand held tentu saja banyak ditemukan di kawasan atau tempat umum. Beberapa security tempat umum yang membawa hand held yaitu security mall, bank, terminal, hotel, bandara, stasiun, dan lain sebagainya. Kelebihan alat ini selain fleksibel adalah mudah digunakan, bahkan oleh security yang belum berpengalaman sekalipun.

Cara Kerja

Hand held memiliki sensitivitas yang sangat baik. Ketika menemukan benda yang terbuat dari logam, maka alat akan langsung memberikan sinyal. Cara kerjanya yaitu mendeteksi perbedaan medan magnet logam satu dengan yang lainnya. Pengguna hanya perlu mengarahkan alat ke orang atau benda yang akan dideteksi. 

Jika ada benda yang terbuat dari logam, maka alat akan mengaktifkan lampu LED dan alarm secara otomatis. Kekurangannya yaitu waktu deteksi lebih lama dibandingkan walkthrough metal detector karena harus mengarahkan ke bagian yang akan dideteksi satu per satu.

Harga

Harga hand held sendiri pada umumnya lebih murah dibandingkan walkthrough metal detector. Pasalnya ukurannya memang jauh lebih besar. Anda bisa menemukan hand held dengan segala harga tergantung fitur dan kualitasnya.

Jenis Metal Detector Lain

Hand held metal detector adalah salah satu dari tiga jenis metal detector yang ada di pasaran. Selain produk tersebut, ada metal detector yang tak kalah bermanfaat yaitu metal detector hunter. Adalah metal detector yang digunakan untuk berburu emas, harta karun, dan lain sebagainya.

Metal detector berbentuk panjang seperti vacuum cleaner namun ujungnya tentu saja berbeda. Ujung dari metal detector hunter disebut koil untuk mengirim dan mengantar sinyal keberadaan emas atau harta karun.

MINELAB menjual metal detector hunter untuk Anda yang membutuhkannya. Tersedia berbagai model, tipe, dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan budget. Ada produk untuk pemula hingga profesional yang memiliki banyak fitur.

Selain digunakan untuk mencari emas, juga bisa digunakan untuk mencari berbagai macam logam, koin, barang peninggalan sejarah, dan harta karun. Bahkan Anda bisa melakukan custom sendiri. Pilih produk MINELAB yang Anda inginkan dengan mengunjungi website www.minelab.co.id