pelembab untuk kulit kering pada bayi
pelembab untuk kulit kering pada bayi

Lapisan kulit yang dimiliki bayi berbeda dengan lapisan kulit yang dimiliki oleh orang dewasa. Kulit Si Kecil cenderung sangat mudah kering apabila terkena udara ruangan ber-AC atau suhu air mandi yang digunakan. Pelembab untuk kulit kering pada bayi bisa Anda aplikasikan untuk menjaga kelembabannya. Namun karena kulit bayi sensitif, Anda harus memilih pelembab dengan tepat. Berikut ini adalah tips memilihnya yang bisa diikuti:

Mengenali Jenis Kulit Si Kecil

Langkah awal memilih pelembab untuk bayi yaitu mengenali jenis kulitnya terlebih dahulu. Sama seperti orang dewasa, setiap bayi juga memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Namun pada umumnya bayi hanya memiliki kulit kering dan kulit sensitif. 

Ciri-ciri kulit kering pada bayi yaitu kasar, sering gatal, dan terlihat kering. Sedangkan kulit sensitif cenderung mudah bereaksi pada kandungan tertentu. Anda harus berkonsultasi untuk memastikan jenis kulit Si Kecil termasuk kering atau sensitif.

Pastikan Produk Sudah Memiliki Izin BPOM

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah badan yang berperan untuk mengawasi peredaran obat dan makanan, termasuk skincare. Semua produk yang sudah mendapatkan izin dari BPOM aman untuk dipasarkan. Jadi pastikan Anda memilih produk yang sudah memiliki izin BPOM. Cek juga produk tersebut di website BPOM untuk memastikan keasliannya.

pelembab untuk kulit kering pada bayi

Pertimbangkan Bahan Organik untuk Kulit Sensitif

Bayi dengan kulit sensitif memang harus lebih berhati-hati dalam memilihkan produk pelembab. Sebaiknya hindari kandungan kimia karena bisa berefek buruk pada kulit bayi. Sebagai gantinya pilih produk yang menggunakan bahan organik sebagai bahan dasar. Bahan organik lebih aman digunakan oleh bayi berkulit sensitif.

Hindari Parfum dan Alkohol

Dua bahan yang sebaiknya Anda hindari saat memilih pelembab adalah parfum dan alkohol. Parfum merupakan kandungan yang cukup berpengaruh pada kulit kering bayi. Bayi berisiko terkena iritasi apabila menggunakannya. Akan lebih aman apabila Anda tidak menggunakan pelembab dengan tambahan parfum apalagi alkohol. Sudah banyak produk pelembab bayi di pasaran yang menghindari kedua bahan tersebut.

Baby Cream atau Lotion?

Pelembab bayi di pasaran biasanya berbentuk baby cream dan baby lotion. Keduanya memiliki tekstur dan kandungan yang berbeda. Selain itu, fungsi masing-masing kandungan juga berbeda. Baby cream cocok digunakan oleh bayi dengan kulit kering, terdapat ruam, serta pecah-pecah. Sedangkan baby lotion untuk menjaga kelembaban kulit Si Kecil setiap hari. Produk pelembab bisa Anda gunakan dua kali sehari saat cuaca dingin, setelah mandi, atau kulit bayi sedang kering.

Jangan Sering Ganti Produk Pelembab

Apakah Anda termasuk ibu yang suka mengganti produk pelembab Si Kecil? Hal tersebut tidak disarankan. Ketika sudah cocok dengan produk pelembab tertentu, usahakan menggunakan produk tersebut terus. Pasalnya menggonta-ganti produk membuat kulit Si Kecil semakin kering karena ia harus selalu beradaptasi dengan produk baru.

Coba Produk dalam Ukuran Kecil

Tips memilih pelembab untuk bayi yang terakhir yaitu mencoba ukuran kecil terlebih dahulu. Produk pelembab sekarang sudah hadir dalam berbagai macam ukuran, mulai dari kecil hingga besar. Sebaiknya pilih ukuran kecil jika Anda baru pertama ingin membeli pelembab. Jika sudah cocok, Anda bisa membeli produk yang berukuran besar.

Itulah tips memilih pelembab untuk kulit kering pada bayi yang bisa Anda lakukan. Rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan adalah produk dari Bioderma. Brand satu ini menawarkan produk khusus bayi yang aman untuk mereka. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis kulit bayi karena produknya beragam. Jika penasaran dengan produk dari Bioderma, Anda bisa melihat informasi lengkapnya di www.bioderma.co.id