cincin tunangan

Ketika akan membeli cincin tunangan berlian, Anda mungkin akan mengenal yang namanya fancy shape diamond. Anda harus paham mengenai fancy shape diamond sebelum membeli agar bisa memilih cincin terbaik dan paling favorit. Perlu Anda ketahui bahwa round shape diamond atau berlian bundar adalah berlian yang paling populer. Sekitar 75% berlian yang ada di dunia dipotong dengan potongan tersebut.

Popularitas berlian bulat bukan tanpa alasan, round shape diamond populer karena menampilkan kilau dan kecemerlangan yang sangat baik jika dibandingkan bentuk lain. Meskipun begitu, bentuk lain juga memiliki daya tarik tersendiri yang layak dipertimbangkan. 

Fancy shape diamond adalah bentuk berlian selain bentuk bulat atau round shape yang paling umum. Berikut ini adalah beberapa fancy shape diamond yang perlu Anda ketahui:

cincin tunangan

Princess Shape

Princess shape diamond merupakan bentuk berlian terpopuler kedua setelah round shape diamond. Meskipun bernama princess shape, namun bentuknya persegi atau kotak. Ciri khas princess shape diamond yaitu setiap ujungnya runcing. Bentuk ini juga menghasilkan kilau dan kecemerlangan yang sangat baik.

Emerald Shape

Emerald shape atau yang juga dikenal dengan nama bentuk zamrud awalnya digunakan hana untuk batu emerald saja. Ciri khasnya yaitu berbentuk persegi panjang lapang dan terbuka. Ada undakan seperti paviliun berlapis yang membedakan emerald shape dengan bentuk lain.

Oval Shape

Sesuai dengan namanya, oval shape diamond memiliki bentuk oval. Kecemerlangan dari bentuk berlian ini mirip dengan round cut diamond yang paling populer. Cincin tunangan asli dengan oval shape diamond membuat jari terlihat lebih menawan.

Pear Shape

Pear shape diamond adalah bentuk berlian yang ujungnya lancip dan bawahnya membulat seperti buah pir. Selain dikenal berbentuk seperti buah pir, berlian ini juga tampak seperti tetesan air mata atau teardrop. Termasuk bentuk berlian populer karena terlihat menawan.

Heart Shape

Heart shape juga sering dipilih sebagai bentuk cincin pertunangan. Bahkan banyak artis Indonesia maupun luar negeri yang memilihnya. Bentuk berlian yang digunakan melambangkan cinta antara pasangan.

Marquise Shape

Marquise shape diamond memiliki dua ujung yang sama-sama lancip. Bentuknya mirip dengan perahu yang kedua ujungnya lancip. Bagian tengahnya menggelembung sehingga mampu menarik orang-orang yang melihatnya. Anda harus memilih setting yang tepat agar kedua ujung marquise shape tidak mudah rusak.

Cushion Shape

Cushion shape merupakan bentuk berlian persegi seperti princess shape. Namun bedanya ujung-ujung dari berlian cushion shape membulat, sedangkan princess shape meruncing. Cushion shape termasuk bentuk berlian yang klasik.

Asscher Shape

Asscher shape diamond memang lebih jarang digunakan untuk cincin pertunangan dibandingkan bentuk-bentuk lainnya. Bentuknya mirip emerald shape yang memiliki undakan atau paviliun berlapis. Namun asscher shape bentuknya lebih kotak, sedangkan emerald shape lebih persegi panjang.

Triangle Shape

Triangle shape termasuk bentuk berlian yang belum lama populer dan digunakan untuk perhiasan. Jadi mungkin Anda masih sedikit sulit untuk menemukannya. Sesuai dengan namanya, berlian ini berbentuk segitiga dengan setiap ujung lancip. Kekurangannya yaitu bisa menampilkan inklusi lebih jelas, jadi pilih yang tingkat kejernihannya tinggi.

Radiant Shape

Fancy shape diamond terakhir yang bisa Anda jadikan pilihan adalah radiant shape. Bentuk berlian ini hasil perpaduan dari cushion shape dan princess shape. Radiant cut membuat berlian tampak lebih menyala dan hidup. 

Itulah berbagai fancy shape diamond pada cincin tunangan yang perlu Anda ketahui. Apakah ada bentuk berlian yang Anda sukai? Mondial Jeweler menawarkan nya melalui Engagement Ring Collection. Beberapa bentuk berlian selain round shape yaitu pear shape, princess shape, marquise shape, dan lain-lain.