senam kegel

Senam merupakan olahraga yang sangat disarankan untuk ibu hamil, salah satu senam yang bisa Anda lakukan adalah senam kegel. Manfaat dari senam ini antara lain bertujuan untuk mengencangkan dan memperkuat otot pada dasar panggul atau otot pada panggul bawah, yang mana bertujuan untuk melatih otot dasar panggul untuk berkontraksi dan mengendur bergantian dalam waktu yang singkat karena gerakan senam.

Masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan senam kegel selama masa kehamilan, berikut beberapa manfaat nya!

1. Memperkuat Otot Pada Bagian Panggul

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu manfaat utama dari senam ini adalah untuk menguatkan otot dasar panggul, yang juga dikenal sebagai otot pelvic floor. Otot ini merupakan otot yang bekerja seperti penyangga rahim, kandung kemih dan usus. Selama kehamilan, keadaan rahim yang semakin besar maka akan menekan otot otot ini, sehingga dapat menyebabkan potensi lemahnya otot panggul, sehingga dengan melakukan senam ini akan membantu menjaga kekuatan otot sehingga dapat mendukung organ organ tersebut dengan baik.

2. Mengatasi Masalah Urinasi

Selama masa kehamilan berlangsung, ibu hamil sering mengalami masalah pada berkemih, seperti inkontinensia urin atau seringnya buang air kecil. Hal ini bisa karena adanya tekanan dari rahim pada kandung kemih, dengan melakukan senam ini, diharapkan bisa membantu meningkatkan kontrol terhadap otot panggul.

3. Persiapan ketika Persalinan Nanti

Dengan adanya latihan senam yang dapat memperkuat otot otot panggul dapat mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan nantinya, berkat latihan tersebut otot panggul menjadi lebih kuat sehingga dapat membantu dalam proses persalinan vaginal dengan memungkinakan kendali yang lebih baik selama terjadinya kontraksi atau membantu membuka panggul menjadi lebih efisien.

4. Mengurangi Resiko Terjadinya Robekan Perineum

Perineum merupakan area antara vulva dan anus yang rentan terhadap robekan selama persalinan. Dengan melakukan senam ini dapat membantu meningkatkan elastisitas perineum dan mengurangi resiko terjadinya robekan atau memerlukan episiotomi (sayatan) selama persalinan nanti.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan senam Kegel selama masa kehamilan berlangsung. Berbicara tentang persalinan, jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan si Kecil, salah satunya popok bayi.

Rekomendasi popok bayi terbaik dan berkualitas adalah MAKUKU Air Diapers, pampers yang anti bocor dengan daya serap tinggi mampu mengurangi ruam popok pada bayi, sehingga popok ni sangat cocok untuk bayi yang baru lahir, dapatkan popok MAKUKU di toko terdekat.