Perjalanan Panjang Sejarah Sistem Cloud

Cloud computing yang kita nikmati saat ini, tentu saja tidak instant, dan membutuhkan perjalanan yang sangat panjang. Tahun demi tahun, sistem cloud memang terus di perbaiki, hingga sampai pada saat ini, sistem ini begitu digandrungi, apalagi untuk perusahaan IT yang sudah berkelas tinggi, sistem ini sangat lah membantu mereka, mungkin untuk orang awam, belum terlalu optimal dalam pemanfaatan sistem.

Jika Anda penasaran, berikut sejarah dari komputasi awan itu sendiri, antara lain :

  • Tahun 1950, tahun ini, sistem cloud memiliki konsep sangat mendasar, hanya tersedia di dalam dunia pendidikan,
  • Di tahun 1960, kemampuan komputasi ini sudah melalui beberapa organisasi,
  • Di tahun 1990, perusahaan telekomunikasi pun mulai menawarkan VPN, jaringan pribadi dengan memiliki kualitas yang sebanding dengan pelayanannya,
  • Tahun 2000, sistem cloud pun dimodernisasi dengan penggunaan pusat data, menggunakan jaringan komputer,
  • Puncaknya di tahun 2005 hingga sampai saat ini, teknologi ini mulai sangat meningkat popularitasnya.

Popularitas yang sangat meningkat dari cloud computing ini bisa di mulai dari penerapan sistem, kualitas jaringan pun juga sangat baik. Akan tetapi, tidak bisa di hindarkan, bila penggunaan teknologi yang satu ini sangat berpengaruh pada jaringan internet yang di miliki, jika jaringan internet cukup bagus, kegiatan transfer data pun tidak akan mengalami masalah, akan tetapi jika jaringan buruk, kegiatan penyimpanan data akan menjadi sebuah masalah yang cukup berat.

Leave a Reply