stop kontak lampu

Memilih stop kontak lampu yang tepat, tentunya menjadi salah satu langkah yang harus Anda lewati dengan baik, bila sedang dalam proses membangun atau merenovasi rumah.  Sebab bila Anda asal-asalan ketika memilih saklarnya ini, sejatinya akan menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan, seperti sering terjadi korsleting listrik, kebakaran, dan permasalahan listrik lainnya. 

Apa Saja yang Harus Dihindari Ketika Memilih Stop Kontak Lampu

Ketika Anda mau memilih stop kontak lampu rumah, sebaiknya untuk menghindari berbagai hal sebagai berikut: 

  • Membeli Produk yang Murahan

Sebaiknya Anda hindari untuk membeli stop kontak lampu yang tidak berkualitas dan dijual secara murahan. Sebab biasanya produk yang murahan ini, tidak bisa memenuhi standar keamanan sehingga bisa menimbulkan berbagai permasalahan listrik, dan juga beresiko terjadinya kebakaran. 

  • Mengabaikan Standar Keamanan

Ketika memilih stop kontak lampu, pastikan sudah memenuhi standar keamanan yang sudah diakui. Hal ini mencakup sertifikasi serta berbagai persyaratan khusus yang harus dimiliki oleh sebuah produk kelistrikan. 

  • Tidak Mengetahui Kapasitas Beban

Penting untuk mengetahui bahwa stop kontak yang dipilih, sudah memiliki kapasitas beban yang sesuai dengan lampu yang ingin Anda pasangkan di rumah. Karena kalau Anda menghubungkan lampu yang berdaya lebih tinggi dari kemampuan stop kontaknya, akan menyebabkan terjadinya kebakaran.

  • Mengecualikan Desainnya

Meskipun keamanan menjadi salah satu faktor penting dari pemilihan suatu stop kontak, mempertimbangkan desainnya juga perlu untuk Anda lakukan. Sebab ini akan mempengaruhi estetika ruangan rumah Anda secara keseluruhan.  

Bagaimana Cara Memilih Stop Kontak Lampu yang Berkualitas? 

Kalau Anda belum mengetahui tentang bagaimana caranya memilih stop kontak lampu yang berkualitas, maka bisa mengikuti panduan di bawah ini. 

  • Pastikan Terbuat dari Bahan yang Berkualitas Tinggi

Untuk sebuah produk stop kontak lampu yang berkualitas tinggi, biasanya sering dibuat dari sebuah bahan yang bernama polycarbonate

Yang mana bahan tersebut memiliki keunggulan dari kekuatan materialnya, dan juga lebih tahan akan panas sehingga akan aman untuk digunakan sebagai sebuah stop kontak lampu di rumah Anda. 

  • Cari yang Menawarkan Dua Pilihan Sistem Pemasangan 

Penting untuk memilih stop kontak yang menawarkan pilihan sistem cara pemasangannya. Setidaknya stop kontak tersebut menyajikan pilihan pemasangan dengan sistem baut (screw) dan sistem pencakar (claw). 

Karena dengan menawarkan dua pilihan pemasangan tersebut, setidaknya akan membantu Anda untuk melakukan pemasangan ataupun pergantian stop kontak di dalam rumah. 

  • Cari Desain Stop Kontak yang Sesuai dengan Konsep Rumah Anda

Sebagai salah satu faktor pendukung nilai keindahan estetika interior rumah Anda, maka pastikan bisa memilih stop kontak dengan desain yang sesuai dengan konsep rumah. 

Akan menjadi nilai tambah jika desain stop kontaknya bersifat timeless, seperti yang ditawarkan oleh produk stop kontak Leona by Schneider Electric, karena bisa cocok untuk segala desain rumah yang ada. 

Kesimpulan

Setelah memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan diatas, semoga bisa membantu Anda dalam memilih stop kontak lampu rumah yang terbaik. 

Namun patut menjadi catatan khusus juga bahwa Anda sudah memahami cara pemasangan stop kontak yang tepat, agar bisa menjamin keamanan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga di rumah Anda. 

Bila memungkinkan, lakukan konsultasi dengan ahli kelistrikan untuk dapat memilih produk stop kontak lampu yang berkualitas, berikut dengan cara pemasangannya yang benar. 

Sebab kalau dipikir-pikir kembali, keselamatan listrik merupakan sebuah prioritas utama dalam setiap pembangunan instalasi rumah dan jenis bangunan apapun.