KERAJINAN TANGAN BENTUK UKIRAN

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dari segi kebudayaan setiap daerah di indonesia yang beragam ini sudah bisa dibedakan dari segi bahasa, adat istiadat, suku, ras, makanan, rumah adat, senjata tradisional, pakaian khas dan lain sebagainya. Dari berbagai macam perbedaan ini tidak menjadikan Indonesia menjadi terpecah belah justru sebaliknya Indonesia tetap satu nusa, satu bahasa dan satu tanah air, beberapa daerah di Indonesia ada yang sudah terkenal ke manca negara karena keterampilan tangan mereka dalam membuat kerajinan tangan ukiran, salah satunya adalah daerah Bali yang terkenal ukiran pahat batu dan kayu serta daerah Jepara Jawa Tengah yang terkenal dengan ukiran meubel dan furniturnya.

Bagi orang Bali batu dan kayu dapat dijadikan sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi, mereka memahatnya sesuai keinginan mereka, ada yang bentuknya seperti manusia, hewan dan yang lain sebagainya. Karena di Bali mayoritas beragama hindu, batu ini mereka buat seperti halnya dewa-dewa pujaan masyarakat disana, ada juga yang berbentuk seperti arca, hewan dan lain-lain. Untuk orang Jepara mempunyai keahlian dalam dalam membuat meubel dan furniture menjadikan daerah ini sebagai suatu lokasi utama di Indonesia yang terkenal dengan kerajinan memahat kayu untuk meubel dan peralatan rumah tangga seperti kursi kayu, lemari, dan lain sebagainya sehingga ukiran-ukirannya begitu unik dan indah dipandang mata. Kedua daerah ini di Indonesia sudah sangat terkenal akan kerajinan tangan ukiran khususnya wisatawan domestik umumnya wisatawan mancanegara dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata bagi mereka untuk berburu souvenir khas kedua daerah tersebut.

Bagi siapa saja yang menginginkan barang-barang berkualitas hasil ukiran tangan para seniman Bali dan Jepara tidak ada salahnya untuk berkunjung ke kedua daerah tersebut untuk membeli hasil kerajinan tangan mereka untuk oleh-oleh buat keluarga tercinta, rekan bisnis ataupun kolega lain dan memperkenalkan seni ukiran tersebut kepada dunia dan ini akan menjadi suatu devisa bagi negara dan tentunya negara juga harus lebih mendukung terhadap suatu industri kerajinan ini semata-mata untuk kelangsungan hidup setiap pengrajin dan mendatangkan untung bagi daerah dan negara.

 

Leave a Reply