Jadwal Sholat Ramadhan
Jadwal Sholat Ramadhan

Jadwal sholat ramadhan sering menjadi incaran dalam persiapan jauh hari sebelum bulan suci tersebut tiba. Berbagai rencana disusun sedemikian rupa agar setiap harinya menyenangkan dan tetap khusyuk beribadah mencari kemuliaan bulan ramadhan. Kehadiran ramadhan merupakan hal yang selalu ditunggu oleh setiap muslim di dunia dimana segala amal akan dilipatgandakan pahalanya. Maka tak heran bila banyak yang saling berlomba dalam kebaikan yang mengharap keridhoan Allah SWT semata. Berbagai ibadah sunnah didirikan dan yang wajib kian ditingkatkan, seperti sholat tarawih berjamaah yang pahalanya seperti shalat semalam suntuk. Dan mendengarkan ceramah setelah sholat subuh, majelis ilmu yang menambah ke-khusyukan dalam beribadah.

Adapula berburu lailatul qadr di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan dengan melakukan itikaf (berdiam diri di mesjid) memperbanyak tadarus Alquran. Terutama bagi kaum wanita, akan mencari referensi variasi menu sahur dan berbuka agar tak bosan namun juga tetap praktis. Tak lupa merencanakan jadwal sholat ramadhan dengan mencari tempat mana yang akan didatangi dalam menunggu waktu berbuka atau ngabuburit bersama. Namun Allah telah menciptakan wanita yang sempurna dengan kebengkokannya, memberikan keadaan khusus yang justru membuat wanita tak mampu melaksanakan puasa. Datang bulan atau haid membuat ibadah seorang wanita sedikit berbeda, Allah memberikan kelonggaran untuk tak berpuasa maupun sholat. Hal itu bukan tanpa sebab, karena dapat memengaruhi kesehatan wanita sendiri yang telah dibuktikan oleh para ahli kedokteran.

Meski begitu wanita tak perlu gundah ataupun bersedih, Allah memberikan jalan amalan lain yang juga bernilai pahala besar. Menyempurnakan jadwal sholat ramadhan dengan berbagai kegiatan lain seperti berikut ini :

1. Memperbanyak Tilawah dan Tadabur Al-Quran

Alquran merupakan pedoman hidup bagi manusia, melalui ayat-ayat suci Allah telah menjelaskan begitu detail perintah dan larangan yang wajib ditaati. Seluruh kegelisahan, permasalahan manusia telah Allah beri jawaban dalam Alquran. “Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia. Dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185) Sebagian ulama sepakat wanita tetap dapat melanjutkan tilawah maupun tadarusnya tanpa menyentuh mushaf yaitu menggunakan tafsir atau terjemahan saja. Dengan membaca, menghayati, serta mengamalkan isi dari Alquran. Membaca Alquran pada waktu jadwal sholat Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan memperkuat  iman dan taqwa.

2. Memperbanyak Ilmu

Mencari ilmu disela jadwal sholat ramadhan Ilmu adalah kunci segala kebaikan, merupakan sarana untuk menunaikan apa yang Allah wajibkan. Tak sempurna keimanan dan tak sempurna pula amal terkecuali dengan ilmu. Yang dimaksud dengan kata ilmu di sini adalah ilmu syar’i. Yaitu ilmu yang akan menjadikan seorang muslim mengetahui kewajibannya dalam beribadah dan muamalah. Walaupun demikian, bukan berarti kita mengingkari manfaat belajar ilmu duniawi. Karena hukum mempelajari ilmu duniawi itu tergantung pada niat tujuannya. Apabila digunakan dalam kebaikan, maka akan berbuah pahala. Dan apabila digunakan dalam keburukan, maka mendapat dosa.

3. Membangunkan Dan Menyiapkan Makanan Sahur Maupun Berbuka

Sahur adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang berpuasa, agar kuat menjalani kegiatan. Meski tak menunaikan puasa, menyiapkan makanan untuk santap sahur dan berbuka dapat menjadi ladang pahala bagi wanita. Memberikan yang terbaik  bagi keluarga maupun muslim lainnya dengan hidangan merupakan sedekah walaupun hanya berupa makanan sederhana.