Cara Mencuci Sleeping Bag serta Teknik Pemyimpanannya yang Benar

Untuk seorang traveler yang suka berpetualang di alam bebas terdapat satu perlengkapan yang pastinya tidak pernah lupa untuk selalu disertakan yaitu sleeping bag. Sleeping bag atau lumrah disebut juga dengan kantung tidur merupakan perlengkapan penting bagi seorang traveller saat akan bermalam di alam terbuka untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin udara malam di alam terbuka. Perlengkapan yang berfungsi sebagai selimut ini terdiri dari dua bentuk atau tipe yakni tipe mummy dan tipe selimut (tikar). Kedua jenis sleeping bag tersebut fungsi utamanya sebenarnya sama saja, hanya desainyalah yang membedakan. Kantung tidur ini memang memiliki peran yang sangat penting dari perlengkapan yang harus dimiliki oleh seorang petualang di alam bebas namun selang beberapa kali dipakai perlengkapan yang berfungsi sebagai selimut tersebut dapat terkena jamur dan menimbulkan aroma bau tidak sedap. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sleeping bag itu telah kotor dan mesti segera dicuci atau dibersihkan. Cara mencuci sleeping bag yang baik ternyata ada metodenya sendiri, ini ditujukan agar perlengkapan travelling di alam terbuka tersebut tidak cepat rusak dan terjaga kualitas material bahannya.

Metode dan cara mencuci sleeping bag yang baik dan benar tersebut adalah seperti yang dipaparkan di bawah ini :

  1. Siapkan wadah yang cukup dengan ukuran sleeping bag, bisa baskom ataupun wadah lainnya.
  2. Untuk menjaga material bahan, sebaiknya rendam sleeping bag menggunakan air hangat menggunakan sabun pembersih dengan kandungan bahan yang ringan seperti shampoo atau sabun bayi. Jangan pernah menggunakan detergent untuk membersihkan sleepin bag.
  3. Kucek dengan lembut menggunakan tangan. Bisa pergunakan sikat jika nodanya membandel tetapi bulu sikatnya harus halus.
  4. Bilaslah dengan air seperti biasa untuk menghilangkan sabun pembersihnya.
  5. Peras dengan cara remas-remas dan tekan saja dan jangan memeras dengan cara dipelintir.
  6. Gantung sleeping bag untuk mengeringkannya di tempat yang teduh dan hindari paparan sinar matahari langsung.

Untuk teknik penyimpan yang benar dari sleeping bag ini, direkomendasikan untuk disimpan dengan keadaan terbuka dan tidak terpacking pada kantungnya. Karena jika hal ini dilakukan, dapat mempengaruhi kinerja dan fungsi optimal dari sleeping bag tersebut bahkan bisa membuatnya cepat rusak. Apabila jarang digunakan, gantungkan saja sleeping bag dalam lemari dan biarkan terurai namun jika pemakaiannya terbilang sering simpan sleeping bag tersebut pada plastik besar. Agar baunya lebih enak dicium anda para traveler dapat pula menggunakan pengharum baju saat menyimpannya dalam lemari ataupun plastik dimana hal ini pun dapat mencegahnya dari jamur yang dapat merusak material bahan sleeping bag tersebut.

Leave a Reply