Optimasi Website dengan Search Engine Optimization

Search engine optimization (SEO) atau dalam bahasa Indonesia sering disebut juga sebagai optimasi mesin pencari, nampaknya menjadi salah satu aspek yang sangat diperhatikan ketika seseorang akan membuat website. Tentu saja, hal ini perlu dikerucutkan kembali, bahwa pembuatan website yang baik adalah website yang mempunyai isi postingan yang satu tema, menyesuaikan dengan konsep dasar yang diambil saat pertama kali merencanakan membuat website. Hal ini, dengan kata lain, disebutkan juga bahwa webiste tersebut mempunyai benang merah artikel yang sama, satu dengan yang lainnya, sehingga tidak tercampur aduk antara tema-tema artikel yang berbeda. Misalnya saja, penulis mempunyai kegemaran mengoleksi lego yang merupakan benda yang saat ini menjadi populer dari beberapa tahun sebelumnya. Oleh karena kegemaran penulis ini, maka secara tidak langsung penulis pun mempunyai beberapa keahlian untuk mengupas tuntas mengenai serba-serbi lego secara lengkap daripada pemilik website lainnya.

Selain hanya menuliskan mengenai satu tema saja pada posting-posting di website, seperti halnya contoh yang telah disebutkan di atas, pemilik website pun akan lebih baik lagi untuk mempelajari cara kerja SEO atau kependekan dari Search Engine Optimization yang menjadi salah satu aspek penentu, apakah website tersebut mudah dipindai oleh mesin pencari atau tidak. Hal ini tidak dapat diabaikan begitu saja karena masuk di urutan teratas, atau paling tidak masuk di halaman pertama mesin pencari, merupakan salah satu poin penting untuk melihat kepopuleran suatu website. Terlebih lagi pada website-website yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan barang-barang tertentu. Anda tentu tidak ingin salah langkah ketika berusaha menjual produk Anda melalui toko online yang Anda kelola secara mandiri, bukan?

Terlepas dari cara kerjanya yang rumit dan juga sedikit menyulitkan para pendatang baru di dunia website, sebetulnya terdapat cara yang lebih mudah dalam meningkatkan kepopuleran suatu website tanpa perlu susah payah mengaplikasikan cara kerja search engine optimization di template blog. Caranya adalah dengan berusaha rutin memposting artikel-artikel terbaru, paling tidak satu posting dalam satu minggu, maka secara perlahan-lahan, website tersebut pun akan masuk pada daftar teratas di mesin pencari.

Leave a Reply