5 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Berhutang

Bank memang menjadi lembaga yang sangat membantu di saat-saat tertentu, misalnya adalah ketika kamu membutuhkan pinjaman uang dalam jumlah besar secara cepat maupun saat bingung ingin digunakan apa yang uang dimiliki. Namun juga tak memungkiri juga justru nantinya Anda akan terlilit masalah sangat pelik dengan lembaga tersebut, uang yang dipinjam tak kunjung bisa dikembalikan, hal ini menyebabkan nilai hutang Anda akan semakin meningkat dari waktu ke waktu, mengingat ada bunga yang terus berjalan, solusi tepat ditawarkan Amalan.id.

Amalan merupakan salah satu lembaga yang bisa kamu jadikan sebagai pihak konsultasinya, bahkan membantu Anda dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Ada kalanya berhutang di bank memang sangat membantu, apalagi untuk kepentingan yang sangat mendesak, namun juga bisa menjadi boomerang bagi Anda, berikut ini beberapa jenis kesalahan yang sering kali dilakukan pada saat meminjam uang di bank, yaitu:

  1. Bukan hutang produktif, artinya uang tersebut justru digunakan untuk kepentingan konsumtif, entah itu biaya hidup sehari-hari maupun yang sejenisnya, akibatnya kamu justru merasa dirugikan karena tiap bulan dikenakan biaya untuk tambahan bunga.
  2. Melakukan hutang tanpa perhitungan, perlu diketahui bahwa tak semua pihak mau tawarkan hutang dengan biaya kembali juga sama, apalagi lembaga keuangan, pasti ada perhitungan lain yang bertambah pada masa pengembaliannya.
  3. Melakukan hutang untuk menutup hutang lainnya, banyak kejadian dimana seseorang memutuskan berhutang demi menutup hutang lainnya, hal ini membuat cicilan Anda semakin membludak.
  4. Terlambat dalam membayar cicilan, perlu diketahui bahwa saat Anda memutuskan untuk berhutang pada lembaga keuangan satu kali saja terlambat dalam membayar cicilannya ada nilai denda yang dikenakan.
  5. Memilih tempat hutang berbunga tinggi, sangat tak disarankan melakukan hal tersebut meskipun Anda benar-benar terpepet membutuhkan bantuan dana, karena bisa jadi jumlah yang kamu keluarkan untuk bunganya jauh lebih besar dari nilai pokok hutang.

Jika nasi sudah menjadi bubur, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mencari alternatif penyelesaian, salah satu yang tawarkan hal tersebut adalah Amalan.id.

Leave a Reply