Cara Menghemat Energi Saat Mencuci

Menghemat energi harus diterapkan mulai dari sekarang. Tak hanya menghemat energi listrik saja yang perlu dilakukan. Menghemat energi saat mencuci juga perlu diterapkan. Karena saat mencuci tak hanya energi listrik saja tetapi juga menggunakan energi air. Jadi jika Anda tidak berhemat, tak hanya ancaman berkurangnya energi saja yang menghantui. Tetapi tagihan yang membengkak juga bisa membuat Anda was-was. Lantas bagaimanakah cara menghemat energi ketika sedang mencuci.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat energi listrik maupun air saat mencuci adalah sebagai berikut:

  • Rendam pakaian terlebih dahulu selama beberapa menit. Selain berfungsi untuk melunturkan noda, perendaman bisa memudahkan deterjen untuk menyebar ke seluruh permukaan kain pakaian. Tak perlu memakan waktu lama untuk merendam. Cukup 10-20 menit saja.
  • Sebelum dibilas, pastikan seluruh busa yang menempel pada pakaian sudah terangkat.
  • Agar lebih hemat air dan hemat pewangi, lebih baik gunakan Rinso Molto saja. Karena Rinso Molto tak hanya ampuh untuk membersihkan noda saja tetapi juga mampu memberikan aroma wangi pada pakaian.
  • Jika mencuci dengan mesin cuci, ada baiknya cuci dalam kurun waktu maksimal 10 menit saja. Sesuaikan penggunaan air sesuai dengan jumlah pakaian.
  • Agar hemat saat mencuci menggunakan mesin, sebaiknya gunakan deterjen seperti Rinso khusus mesin cuci. Anda bisa memilih deterjen Rinso front load maupun top load.

Perlu diingat juga sebaiknya jangan menggunakan pengering mesin apabila matahari sedang terik. Lebih baik jemur langsung dibawah matahari saja. Karena hal ini bisa menghemat penggunaan listrik. Sebisa mungkin jangan mencuci setiap hari sehingga penggunaan air untuk mencuci bisa ditekan. Ternyata sangat mudah bukan untuk mengaplikasikan tips menghemat energi saat mencuci diatas?

Dengan menerapkan cara menghemat energi diatas, diharapkan Anda juga bisa ikut menghemat air dan listrik pada saat mencuci. Berhemat energi tak hanya bisa mengurangi tagihan rutin bulanan saja. Tetapi secara tidak langsung juga bisa ikut dalam menghemat ketersediaan bahan bakar fosil di bumi. Demikian tips ini dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply