Peranan Pokok dan Fungsi Keluarga

Keluarga memiliki fungsi keluarga yaitu sebagai tempat mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat.Keluarga adalah fokus umum dari pola-pola lembaga sosial.Dimasyarakat, keluarga adalah pusat kehidupan secara individual yang di dalamnya ada hubungan yang intim dengan derajat yang tinggi. Lembaga keluarga punya peranan sangat penting untuk memperoleh pengakuan keberadaanya dalam melaksanakan fungsi sosial dari masyarakat. Itu artinya, keluarga berfungsi sebagai kelangsungan keluarganya itu sendiri ataupun secara kemasyarakatan. Dasarnya, lembaga keluarga mempunyai fungsi pengaturan hubungan biologis, sosialisasi, reproduksi, afeksi, ekonomi, proteksi, kontrol, penentu kedudukan dan status didalam keluarga, dan juga fungsi perlindungan. Terdapat pula fungsi lainnya yang juga pokok untuk setiap anggota keluarganya mendukung keberlangsungan didalam keluarga.

Peranan Pokok dan Fungsi Keluarga

Tiga fungsi dari keluarga yang pokok terhadap masing-masing keluarganya adalah sebagai berikut,

  1. Asuh

Asuh berarti menunjuk kepada kebutuhan pemeliharaan anak-anak di dalam keluarga agar kesehatannya terjaga sehingga kelak mereka menjadi anak-anak yang sehat fisik, mental, spiritual maupun juga sosialnya.

  1. Asah

Asah berarti memenuhi kebutuhan anak-anak dalam bidang pendidikan sehingga anak siap menjadi orang dewasa dan mandiri yang dapat mempersiapkan masadepannya sendiri.

  1. Dan fungsi keluarga yang pokok terakhir adalah Asih

Asih berarti memberikan kasih sayang, perhatian, rasa aman, kehangatan didalam keluarga kepada anggota keluarga sehingga mereka tumbuh dan juga bisa berkembang sesuai usianya dan sesuai juga dengan kebutuhannya.

Ketiganya sangat berperan juga dalam kehidupan yang harmonis didalam keluarga. Jika asuh tidak diperankan secara baik maka asah dan sih tidak berjalan juga dnegan baik, jika asah tidak berjalan dengan baik asuh dan asih tidak juga berperan dengan baik, begitu juga sebaliknya jika asih tidak diperankan dengan baik maka asuh dan asah pun tidka berjalan semestinya. Untuk asih ini and abisa memberikan kasih sayang dengan berbagai cara. Misalnya dengan menghabiskan waktu santai dengan berbicara antar anggota keluarga atau menonton film bersama. Sambil meminum minuman yang bisa mempererat hubungan keluarga dan menghangatkan hubungan keluarga. Seperti Sariwangi yang sudah dipercaya menemani kebersamaan didalam keluarga sehingga fungsi keluarga bisa dengan baik terlaksana.

Leave a Reply