Skema Instalasi Listrik

Listrik diartikan sebagai rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah diketahui pada umumnya, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik, dan arus listrik. Adanya listrik pun dapat menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio. Listrik dibutuhkan dan digunakan oleh setiap manusia saat ini. Hal tersebut terjadi sebab hampir seluruh aktivitas manusia saat ini dipengaruhi oleh penggunaan listrik. Dampaknya, muncul berbagai ahli yang bekerja di bidangnya, seperti ahli instalasi listrik pabrik, ahli instalasi listrik rumah, dan lain-lain. Melalui adanya hubungan jaringan listrik yang terpasang di rumah maupun di pabrik memungkin segala sesuatu dapat dibantu dengan jaringan listrik.

Skema Instalasi Listrik
Skema Instalasi Listrik

Instalasi listrik di rumah, gedung, dan pabrik biasanya telah disediakan dan direncanakan pada bangunan gambar sebuah bangunan. Installer listrik hanya tinggal membuat instalasi sesuai dengan rancangan gambar bangunan. Ketika arsitek bangunan membuat sebuah bangunan biasanya ia sudah mempersiapkan pipa instalasi listrik dalam pengerjaannya. Installer listrik membuat skema gambar dasar untuk instalasi bangunan. Pertama, skema dasar merupakan gambaran umum arus saklar dan arus input lustrik sampai arde (pembumlan). Kedua, skema garis tunggal adalah gambaran detail arus saklar arau stopkontak dan penerangan. Pada skema ini diperoleh dua bentuk rangkaian instalasi, yaitu rangkaian seri dan pararel untuk bangunan. Ketiga, skema gambar pelaksanaan diartikan sebagai gambaran detail mulai dari arus input, pengabelan, saklar, stopkontak, dan lampu penerangan, kabel positif dan negatif, hingga kabel arde untuk seluruh bangunan.

Dengan demikian, pada jenis bangunan apapun baik pada instalasi listrik rumah, instalasi listrik pabrik, instalasi gedung, dan lain-lain memerlukan perencanaan khusus. Instalasi listrik secara umum dipasang ketika sebuah bangunan akan dibangun. Adapun pada hakikatnya, terdapat tiga macam skema yang biasa digunakan, yaitu skema dasar, skema garis tunggal, dan skema gambar, ketiganya penting untuk dilakukan dalam perencanaan bangunan yang akan dibangun. Berbagai informasi mengenai instalasi listrik dapat diperoleh di berbagai situs yang tersedia, salah satunya adalah situs http://www.egatek.com .

Leave a Reply