Pola Asuh Anak Positif dan Hindari Kekerasan

Sudah menjadi tugas untuk orang tua dalam sebuah keluarga untuk dapat membangun serta membentuk kepribadian dan juga mental yang sehat untuk seorang anak. Di tengah keluarga anak memang berhak mendapatkan haknya untuk bisa tumbuh, berkembang, serta berpartisipasi secara optimal. Perlu menjadi perhatian khusus bahwa tugas untuk mengasuh dan membesarkan anak ini menjadi amanah dari Tuhan.

Pola Asuh Anak
Pola Asuh Anak

Tak ada seorang pun dari kita yang berhak memperlakukan buah hati dengan tindakan atau ucapan yang menyakitkan. Pola asuh anak memang memerlukan persiapan fisik, emosi, dan mental yang baik dari kedua orang tuanya, keluarga, dan juga masyarakat serta dari lingkungan.

Hanya dengan suasana penuh kasih sayang maka pengasuhan anak bisa dilakukan secara ikhlas dan juga penuh nikmat untuk menjadi orang tua. Banyak keluarga yang memang begitu mendambakan hadirnya buah hati untuk menghiasi rumah tangganya. Lalu mengapa sebagian dari kita yang sudah dikaruniai anak kemudian tidak mengasuhnya dengan penuh cinta dan kasih sayang? Untuk itu, sudah selayaknya kita sebagai orang tua bisa memberikan tempat yang nyaman dan juga aman untuk pertumbuhannya secara fisik dan juga mental anak. Hal tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab untuk sebuah keluarga tetapi juga masyarakat, pemerintah, serta negaranya. Hak-hak perlindungan anak ini sudah dijamin di dalam sebuah undang-undang.

Terdapat tiga hal penting di dalam memenuhi kebutuhan dasar anak dalam masa perkembangannya tersebut yaitu asuh, asih, dan asah. Ketiga bentuk pola asuh anak tersebut sebaiknya dilakukan setiap orang tua kepada sang buah hatinya. Asuh ini meliputi pemenuhan kebutuhan makanan yang sehat, kesehatan tubuh, pakaian, dan tempat tinggal.

Asih meliputi kebutuhan emosi dan kasih sayang. Sementara itu, asah ialah merupakan kebutuhan stimulasi mental positif. Stimulasi ataupun rangsangan mental yang positif tersebut merupakan awal proses anak untuk beajar di tengah keluarga. Untuk itu, mulai dari sekarang nyatakan dengan jelas dan penuh kasih tentang model perilaku yang baik untuk dapat kita kembangkan dalam diri anak.

Leave a Reply