cara mengatasi anak susah makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anak yang masih berusia balita adalah masa bermain. Pada masa seperti ini, anak terkadang akan lebih tertarik untuk mainan di bandingkan dengan makanan. Perlu cara yang sangat khusus untuk dapat menghadapi hal seperti ini. Jangan menyepelekan ketika balita susah makan dan bisa-bisa perkembangannya pun akan terhambat. Melihat balita yang susah makan tentu saja akan membuat orang tua menjadi resah. Khawatir untuk kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi, bila anak susah makan bisa mengalami keterlambatan ataupun masalah tumbuh kembang tidak akan normal. Orang tua harus mengetahui cara mengatasi anak susah makan. Salah satu khasiat untuk mengatasi anak yang susah makan yaitu dengan cara meningkatkan keterampilan makan anak setiap hari mulai dari umur 6 bulan sampai tiga tahun.

Ini adalah periode yang sangat kritis untuk dapat meningkatkan keterampilan makan anak. Jika periode ini tidak kita bisa manfaatkan secara optimal maka anak akan mengalami masalah terhadap makan. Banyak kali faktor yang bisa membuat balita sangat susah makan. Bukan hanya kebiasaan, tingkat ekonomi budaya ataupun umur. Obat-obatan yang selalu dikonsumsi kadang juga bisa membuat anak susah makan. Berikut ini adalah cara mengatasi anak susah makan yang sangat efektif untuk kita lakukan sebagai orang tua untuk dapat mengatasi anak yang susah makan. Berilah anak asupan makanan yang sesuai dengan usia dan juga perkembangan tubuhnya. Berikanlah porsi yang cukup dan tidak boleh berlebihan jika anak akan merasa kurang tentu saja boleh meminta tambah. Supaya anak tidak cepat bosan, berikan rasa dan juga ragam serta penyajian yang menarik.

Makanan yang kaya gizi dan juga kaya akan energi akan lebih baik jika di bandingkan dengan asupan yang akan membuat anak cepat kenyang. Jadwal kan lah waktu yang sangat tepat untuk dapat memberikan makanan dan juga cemilan. Untuk cemilan kita bisa memberikannya seperti buah-buahan sebagai pilihan cemilan yang sehat. Buatlah acara makan menjadi saat yang sangat menyenangkan untuk anak. Latihlah kemandirian anak supaya bisa makan sendiri. Berikanlah kepercayaan dan juga dukungan supaya anak akan merasa percaya diri dan juga kan mampu makan sendiri.