Mengetahui Ciri-ciri Kehamilan

Mungkin bagi sebagian wanita suka tidak menyadari atau bahkan tidak mengetahui jika mereka sedang hamil. Hal ini sering terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil. Terkadang kita tidak mengetahui ciri-ciri kalau kita sedang hamil, hal ini sering dialami saat usia kehamilan memasuki bulan pertama. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu 1-3 dapat dilakukan dengan cara HPHT atau dengan menghitung hari pertama haid terakhir anda. Atau dengan cara modern seperti USG. Namun bagi sebagian wanita kurang berminat melakukannya karena takut tidak jadi hamil, sehingga membuat mereka kecewa. Untuk itu anda harus mengenali ciri-ciri kehamilan tanpa menggunakan alat, diantaranya:

  • Terlambat datang bulan

Terlambat datang bulan atau menstruasi merupakan salah satu ciri kehamilan yang paling umum. Jika biasanya anda mengalami haid yang teratur dan ternyata pada bulan ini anda tidak juga haid, bisa jadi anda sekarang sedang hamil. Namun bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur cara ini tidak bisa diterapkan dan harus disertai dengan cara yang lain.

  • Keluarnya bercak darah atau flek

Bercak darah yang keluar biasanya sedikit serta berwarna merah muda atau coklat yang dibarengai dengan kram di perut yang terjadi dalam skala ringan. Tanda ini memang terbilang normal. Namun anda harus waspada apabila bercak darah yang dikeluarkan dalam jumlah yang banyak dan kram di perut sangat terasa hebat. Hal ini merupakan kehamilan abnormal, bahkan bisa terjadi keguguran.

  • Mual muntah

Kondisi seperti ininbiasanya terjadi di pagi hari yang sering kita kenal dengan morning sickness. Intensitas mual dan muntah inni berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang sering ada juga yang jarang. Hal ini biasa terjadi pada awal semester kehamilan, tapi ada juga yang mengalami mual muntah sepanjang kehamilan sampai melahirkan. Hal ini disebabkan karena wanita hamil sangat sensitif terhadap aroma dan bau-bau tertentu yang dapat memicu mual.

Itulah beberapa tanda atau ciri-ciri anda sedang hamil. Untuk lebih meyakinkan, anda bisa minta bantuan bidan setempat cara menghitung usia kehamilan dalam minggu 1-3 sampai seterusnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply