cara alami menghilangkan ketombe

Cara alami menghilangkan ketombe merupakan ilmu penting yang harus diketahui setiap orang. Hal ini dikarenakan masalah ketombe menjadi musuh bersama yang selalu menyerang semua orang tanpa pandang bulu. Tidak hanya kaum wanita yang perlu menjaga kesehatan rambutnya untuk selalu tampil cantik dan menarik setiap saat, namun kaum pria juga tidak pernah melewatkan kesehatan rambut serta kulit kepala.

Jika masalah ketombe menyerang, bukan hanya kenyamanan anda yang berkurang karena rasa gatal dan panas di kulit kepala, namun juga rasa percaya diri anda akan terenggut. Mengapa demikian? Kemunculan ketombe ditandai dengan hadirnya serpihan putih yang tampak di bagian bahu anda, terlebih jika anda mengenakan pakaian bernuansa gelap.

Untuk mengatasinya, anda bisa memilih shampo anti ketombe terbaik yang saat ini paling banyak dipilih masyarakat. Selain itu, ada dua hal yang harus anda hindari, seperti berikut ini.

  1. Hindari keramas dengan air panas

Meskipun cara ini sangat nyaman dilakukan saat anda harus keramas di malam hari, namun ternyata membersihkan rambut dengan air panas dapat memicu kulit kepala terasa kering. Keadaan ini akan membuat jaringan sebum yang bertugas memproduksi minyak alami di kulit kepala akan bekerja lebih aktif, sehingga area tersebut menjadi sangat berminyak, dan menjadi ladang favorit tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Cara terbaiknya adalah keramas dengan air dingin dan pilih Clear Shampo yang dipercaya sebagai shampo anti ketombe paling ampuh.

2. Hindari tidur saat rambut masih basah

Setelah mandi di malam hari, anda biasanya akan merasa sangat nyaman sehingga langsung tertidur. Namun hal ini bukanlah sesuatu yang baik, karena tidur saat rambut masih basah akan memicu pertumbuhan ketombe. Saat anda tidur, maka sirkulasi udara di rambut tidak berjalan dengan baik. Kondisi ini akan membuatnya lebih lembap dan menjadi tempat subur tumbuhnya ketombe. Untuk mencegahnya, pastikan anda tidur saat rambut sudah kering sempurna.

Itulah dua hal yang harus dihindari agar masalah ketombe dapat teratasi dengan cepat. Masih banyak cara alami menghilangkan ketombe lainnya, semuanya terangkum dalam pola hidup sehat yang harus anda jadikan sebagai gaya hidup setiap hari.