Ingin Buka Bisnis Kost-kostan? Lakukan 7 Trik Ini Agar Sukses

0
38

Berbicara mengenai bisnis di Indonesia, bisnis kost-kostan menjadi salah satu bisnis yang paling berpeluang besar.  Banyak faktor yang membuat bisnis kost-kostan semakin berkembang, seperti para mahasiswa yang harus kuliah di luar kota atau para karyawan yang ditempatkan bekerja diluar area asalnya. Itulah mengapa bisnis kost-kostan menjadi bisnis yang menguntungkan, terlebih jika memiliki lokasi yang strategis. Bahkan, bisnis ini merupakan bisnis yang paling mudah untuk dijalani. Anda hanya perlu menyediakan tempat untuk disewa, lalu keuntungan pun akan segera didapatkan. Bagi Anda yang ingin mencari uang tambahan atau sudah mulain pension, bisnis ini adalah solusinya. Berkut simak beberapa tips saat ingin menjalani bisnis kost-kostan.

Tips Membuka Usaha Kost-kostan dari Nol

  1. Survey Lokasi

Sukses atau tidaknya sebuah usaha kost-kostan bisa ditentukan dari strategis atau tidaknya letak kost-kostan Anda. Untuk menentukan lokasi, pertama tentukan dahulu siapa yang akan menjadi target Anda. jika target utama Anda adalah mahasiswa, maka Anda harus memilih lokasi yang dekat dengan kampus. Namun, jika target utama Anda adalah para pekerja kantor, pilihlah lokasi yang tak jauh dari lingkungan perkantoran.

Selain target, pikirkanlah juga bagaimana kondisi lingkungan tersebut seperti tingkat keamanan, ketersediaan air, akses transportasi, dan lainnya. Lakukanlah survey terhadap beberapa kost lainnya mengenai harga, fasilitas, ukuran kamar, dan lainnya. Saat menentukan lokasi, sebaiknya lakukan riset sebanyak-banyak agar mendapatkan lokasi yang strategis tapi tetap sesuai dengan budget.

  1. Modal

Membahas tentang modal memang bisa dibilang cukup rumit. Pasalnya, jika Anda memulai bisnis kostan mulai dari nol, Anda membutuhkan modal yang sangat banyak. Anda perlu menyiapkan modal untuk membeli tanah, membangun kost-kostan, membayar tukang, dan lainnya. Beda halnya jika Anda telah memiliki rumah yang strategis dekat dengan kampus atau perkantoran. Ini tentunya dapat meminimalisasi biaya pengeluaran.

Bagi Anda yang kekurangan modal, mungkin Anda bisa melakukan pinjaman non bank. Dengan begitu, bisnis kost-kostan Anda tetap bisa terlaksana tanpa terhalang modal. Pada umumnya, keuntungan dari bisnis kost-kostan pasti akan balik modal dengan sendirinya. Terlebih jika kost-kostan Anda berada di wilayah yang strategis dan memiliki fasilitas yang memadai. Jadi, jangan takut untuk melakukan peminjaman untuk bisnis kost-kostan.

  1. Kenyaman, Keamanan, dan Kebersihan

Setiap orang  yang mencari kost biasanya akan memikirkan tiga hal yaitu kenyaman, keamanan, dan kebersihan kost. Jadi, saat membangun sebuah kost-kostan, pastikan tiga hal ini ada pada kost-kostan Anda, terlebih jika Anda memiliki banyak saingan lainnya. Dengan terjaminnya ketiga hal ini, tentunya bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis kost Anda.

Untuk kenyamanan, pastikan kamar memiliki pencahayaan yang cukup, ukuran ruangan yang tidak sempit, dan sirkulasi udara yang baik. Sedangkan, keamanan kos bisa Anda ciptakan dengan membuat pintu gerbang yang sulit dimasuki maling atau Anda bisa menyewa orang untuk menjaga kosan tersebut. Terakhir, kebersihan kos sebenarnya akan bergantung kepada penyewa kosan. Sebagai pemilik kos, mungkin Anda bisa mengatur piket harian. Jika ingin kosa tetap bersih, mungkin Anda harus mempekerjakan orang untuk membersihkan kosan tiap hari.

  1. Harga Terjangkau

Selain ketiga hal diatas, harga juga jadi penentu seseorang dalam memilih kos-kosan. Biasanya mereka mencaro kos-kosan dengan harga yang terjangkau. Untuk menentukan harga, mungkin Anda bisa tawarkan harga yang terjangkau di awal. Setelah itu, Anda bisa naikkan harga tersebut setiap setahun atau dua tahun sekali. Harga kos-kosan biasanya ditentukan berdasarkan fasilitas, akses kosan ke kantor atau kampus, akses kosan ke tempat makan, dan lainnya.

  1. Fasilitas Kosan

Fasilitas juga menjadi penambah nilai plus kos-kosan Anda. Semakin memadai fasilitas kosan, maka semakin diminati pula kosan Anda. Untuk membuat kosan Anda beda dari kosan lainnya, mungkin Anda harus menambahkan beberapa fasilitas seperti berikut ini:

–               Layanan Wif-Fi gratis selama 2 jam

–               Layanan laundry harian atau mingguan

–               Fasilitas AC atau kipas angin

–               Fasilitas kamar mandi dalam

–               Kamar kosan yang luas

–               Kemudahan aksses transportasi

–               Dekat dengan kampus, kantor, dan tempat makan.

–               Ada ruang tamu

Menambah fasilitas di kosan memang akan membutuhkan banyak biaya. Namun, jangan khawatir! Sekarang banyak pelayanan pinjaman uang online yang bisa dimanfaatkan. Dengan begitu, Anda bisa membangun kosan sekaligus menambah fasilitasnya menjadi lebih memadai. Bisnis usaha kos-kosan memang sangat perlu modal yang banyak, namun keuntungan yang Anda dapat bisa dirasakan seumur hidup.

  1. Mulai Lakukan Seleksi dan Pengelolaan

Setiap kosan tentu memiliki teknik pengelolaaan tersendiri. Hal ini tetu tidak bisa dianggap hal sepele. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat aturan tata tertib. Anda harus menentukan beberapa aturan sebagai berikut:

–               Tentukan cara pembayaran kosan apakah bulanan, per semester, atau pertahun.

–               Tentukan biaya air, listrik, wi-fi, dan lainnya apakah terpisah atau tidak. Untuk biaya listik, Anda mungkin bisa membedakan biaya sesuai dengan alat elektronik yang dibawa oleh penghuni kos.

–               Buat aturan kebersihan seperti piket harian dan lainnya. Jika tidak ada piket, Anda harus menyediakan petugas untuk membersihkan kos.

–               Buat aturan mengenai batasan tamu, jam malam, dan keamanan kos.

Setelah membuat aturan, saatnya Anda bisa menyeleksi para penghuni kos. Pastikan penghuni kos berasal dari asal yang jelas. Lakukanlah obrolan kecil  tentang daerah asal, pekerjaan, dan lainnya agar Anda bisa tahu bagaiman asal-usulnya. Jangan lupa untuk selalu meminta biodata penghuni kos beserta fotocopy KTP guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

  1. Buka Usaha Sampingan

Jika dirasa kosan Anda sudah cukup berkembang, sekarang saatnya Anda mulai buka usaha sampingan. Beberapa usaha sampingan yang diminati para penguin kos adalah warung makan. Namun, jika kosan Anda berada dilingkungan dekat kampus, Anda bisa juga membuka usaha lainnya seperti laundry, rental komputer, warnet, toko kelontong, tempat percetakan, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungna yang berlipat.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membuka usaha kos-kosan. Lokasi dan fasilitasn kosan menjadi dua hal yang harus dipertimbangkan dengan baik dan benar. Pasalnya, dua hal tersebutlah yang nantinya menjadi penentu apakah bisnis kosan Anda sukses atau tidak. Jika bisnis kosan sudah berjalan, jangan lupa untuk merenovasi kos setiap beberapa tahun sekali. Anda mungkin bisa mengecet kos setiap tahunnya.

Selain itu, sering-seringlah mengobrol dengan para penghuni kos dan dengarkan keluhan mereka. Mintalah beberapa saran apa yang harus ditambahkan untuk kosan Anda. Pemilik kos yang baik adalah yang mau mendengarkan keluhan penghuninya. Buatlah para penghuni nyaman berada dikosan layaknya rumah mereka sendiri. Semakin nyaman mereka berada di kosan semakin lama pula mereka menyewa tempat Anda. Bahkan, bisa saja mereka menceritakan kenyamanan kosan Anda ke teman mereka. Dengan begitu, kosan Anda pun akan memiliki banyak konsumen.

Leave a Reply