menata ruang keluarga
menata ruang keluarga

Seringkali rumah di Indonesia memerlukan satu ruang ekstra karena banyak keluarga yang menginginkan ruang tamu terpisah dari ruang keluarga, sementara desain di Barat mengizinkan kedua ruang tersebut berada di satu ruang atau bahkan merupakan ruang yang sama.

Namun tren yang bisa diikuti oleh hunian Indonesia adalah membuat desain ruang terbuka dengan menyatukan ruang tamu atau keluarga dengan dapur dan ruang makan. Banyak desain di homify yang bisa anda contek langsung atau sekedar jadi inspirasi. Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang cara menata ruang keluarga.

Image result for Menata Ruang Keluarga

Mari kita simak informasinya:

1. Mengganti Warna Cat

Dalam menata ruang keluarga jangan lupa untuk mengganti warna cat. Untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas, anda dapat mengganti cat menjadi warna yang lebih terang seperti krem, peach atau pink pucat, biru terang atau abu-abu.

2. Bantal

Bantal membuat ruangan terasa lebih ramah dan nyaman. Padu padankan desain, pola, tekstur dan warna tekstil dengan tatanan ruang yang sudah ada. Pastikan ia memberikan sentuhan tersendiri tapi tetap serasi.

3. Ukuran Furnitur

Jika dimensi ruang terbatas, tentu hal ini menjadi sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan. Misalnya sofa yang besar akan membuat ruangan terlihat lebih nyaman, tapi perlu diingat bahwa pemilihan sofa adalah sesuatu yang vital untuk ruang tamu/ruang keluarga. Sofa yang terlalu besar akan memakan terlalu banyak ruang dan membuat ruangan terasa jauh lebih sempit. Selain itu ia akan membatasi ruang gerak anda.

4. Fungsi Furniture

Pilih furniture yang multifungsi. Jika sering ada tamu menginap dan anda tak punya ruang tidur tamu misalnya, anda dapat membeli sofa kecil yang dapat ditarik jadi tempat tidur (sofa bed). Alternatif lain misalnya meja yang bisa dilipat jika tidak sedang dibutuhkan. Untuk ruang terbatas kreatifitas memang sangat penting.

5. Lampu gantung

mulai dari desain minimalis hingga chandelier, anda dapat memilih mana yang sesuai untuk ruangan anda. Lampu gantung dapat mempercantik ruang dan menciptakan ambiens yang sesuai, tanpa memakan ruang untuk furnitur lain. Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menata ruang keluarga.