anak hebat

Anak hebat membutuhkan nutrisi dan stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya terutama dalam perkembangan otak dimulai sejak kecil. Sebenarnya apa yang membuat si kecil menjadi anak hebat? Perkembangan otak merupakan salah satu pendukung utama anak menjadi hebat. Perkembangan otak itu sendiri dipengaruhi oleh faktor nature atau biologis dan juga faktor mature atau lingkungan.

Faktor lingkungan yang paling berpengaruh di sini yaitu peran orang tua dalam memberikan nutrisi, berinteraksi aktif dengan si kecil dan membantu dalam proses belajarnya. Proses belajar inilah yang akan membentuk lebih banyak dan lebih luas synapses pada otak si kecil sehingga tumbuh dan berkembang menjadi Anak yang hebat.

Memahami Faktor Pendukung Perkembangan Anak hebat 

Berikut ini faktor yang mendukung tumbuh kembang anak menjadi hebat dan pintar, antara lain:

1. Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Otak

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan otak si kecil ada dua yaitu:

  • Nature, yaitu faktor genetik dan biologis anak yang sudah dimiliki sejak lahir
  • Mature, yaitu faktor dari lingkungan seperti pola asuh, stimulasi dan nutrisi yang diberikan pada anak

2. Nutrisi dan Stimulasi untuk Pembentukan Otak

Nutrisi yang diperlukan untuk otak yaitu protein, asam linoleat dan asam linolenic, choline, DHA, sphingomyelin dan phospholipids. Sedangkan stimulasi bisa dilakukan dengan kegiatan interaktif anak dengan orang tua, memberi ruang pada anak untuk belajar dan menjadi anak hebat.

3. Otak Si Kecil saat Belajar

Saat belajar, luas synapses pada otak si kecil bertambah banyak. Kemampuan otak semakin meningkat seiring dengan pengulangan proses belajarnya. Berikut ini fakta mengenai otak si kecil, antara lain:

  • Otak terbentuk sejak masih di dalam kandungan
  • Di dalam otak terdapat triliunan sel saraf (neuron) yang saling terkoneksi
  • Otak berkembang dari belakang ke depan
  • Nutrisi dan stimulasi sangat penting untuk perkembangan otak 
  • Otak anak usia 2 tahun sudah 80% otak orang dewasa
  • Otak anak usia 6 tahun sudah 95% otak orang dewasa

Itulah faktor penting pendukung perkembangan otak untuk menjadi anak yang hebat. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Semoga bermanfaat.