PT Parna Raya
PT Parna Raya

Pada awal mula berdirinya, PT Parna Raya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi darat dan laut. Saat ini, Parna Raya tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, namun juga bergerak di berbagai industri.

Parna Raya Group merupakan kelompok perusahaan yang bergerak di bidang transportasi darat, laut, minyak, gas bumi, mineral, petrokimia, pipa gas alam, perdagangan, hotel, dan perkebunan kelapa sawit. Untuk mengelola semua lini bisnis tersebut, Parna Raya memiliki anak perusahaan yang memiliki tanggung jawab di industrinya masing-masing.

Setidaknya ada 13 anak perusahaan Parna Raya Group. Salah satunya adalah PT Kaltim Parna Industri atau yang biasa dikenal dengan nama KPI. PT KPI merupakan anak perusahaan Parna Raya yang bergerak di bidang industri petrokimia yang memproduksi Anhydroud Ammonia atau yang biasa dikenal dengan Amoniak.

PT Parna Raya
                                                            PT Parna Raya

Industri Amoniak PT Parna Raya

PT Kaltim Parna Industri berdiri pada tahun 2002 di Bontang, Kalimantan Timur. Pendirian anak perusahaan ini di latar belakangi oleh terbatasnya pasokan amoniak di dalam negeri. Perusahaan ini juga memiliki tujuan untuk menjadi pabrik amoniak yang kompetitif di dunia.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, PT KPI memulai setahap demi setahap dengan memperbanyak produksi amoniak. Tingginya produksi amoniak di perusahaan ini telah behasil membuatnya menjadi salah satu pelaku ekspor amoniak ke berbagai negara di dunia. Selain untuk diekspor, amoniak produksi dari anak perusahaan Parna Raya ini juga menjadi bahan baku langganan banyak perusahaan di dalam negeri.

Produk amoniak yang digunakan secara komersial disebut dengan amonia anhidrat. Istilah tersebut merujuk pada tidak adanya kandungan air pada bahan tersebut. Desain konsentrasi amoniak di PT. Kaltim Parna Industri adalah sebesar 99.90%. Namun kenyataan di lapangan membuktikan amoniak produksi perusahaan ini bisa mencapai konsentrasi hingga 99.97%.

Dalam menjalankan proses produksinya, PT Kaltim Parna Industri telah menyusun suatu prosedur terkait resiko dan dampak yang mungkin ditimbulkan maupun yang berpotensi dari proses-proses yang terdapat dalam pembuatan produk amoniak. Keselamatan dan keamanan kerja adalah dua hal penting yang diperhatikan oleh anak perusahaan PT Parna Raya ini.