Ingin hamil
Ingin hamil

Setiap pasangan suami istri pasti akan mendambakan kehadiran seorang anak dalam kehidupan rumah tangganya. Setiap wanita pasti ingin hamil dan merasakan setiap momennya. Ada wanita yang dengan mudah hamil bahkan dengan jarak berdekatan tiap anak. Namun, ada juga yang sulit hamil, dan tentu saja akan membuat khawatir pasangan tersebut. Selain perasaan sedih tentunya tekanan lingkungan sekitar juga akan menambah beban seorang wanita.

Saat ingin hamil, ada banyak hal yang harus kita perhatikan. Tentunya kita harus memperhatikan faktor utama penyebab kita belum juga hamil. Beberapa faktor yang menyebabkan sulitnya seorang wanita hamil diantaranya:

Hasil gambar untuk femometer

  1. Faktor dari suami,  maksudnya apakah suami memiliki gaya hidup yang sehat atau tidak?  Apakah suami sering terpapar polusi yang berbahaya?
  2. Tidak ada ovulasi,  karena tidak seimbangnya hormon estrogen dan progesteron
  3. Endometriosis,  kram parah yang disebabkan lapisan rahim tumbuh di luar hingga terasa nyeri panggul
  4. Tumor jinak,  menghambat implantasi atau pembuahan jika berada di rongga rahim
  5. Asap rokok dan alkohol
  6. Stres

Dengan banyaknya faktor penyebab susah hamil, tentunya kita jadi semakin waspada untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang harus kita hindari. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan jika ingin hamil,  hal pertama yaitu cek dan periksakan kondisi tubuh dan reproduksi kita dan pasangan ke dokter. Pemeriksaan ini akan meyakinkan kita jika baik-baik saja dan aman untuk melanjutkan kehamilan. Dan juga bisa menjadi peringatan dini jika kita mengalami masalah pada tubuh dan organ reproduksi kita.

Selanjutnya kita harus memahami masa subur, kini sudah banyak alat kehamilan dan alat-alat untuk membantu kita melakukan tes kesuburan. Banyak dijual online maupun di apotek,  kita bisa mengetahui masa subur kita dengan mudah. Lalu kita harus menjaga kualitas dan kuantitas sperma, dengan pola hidup sehat yaitu memperhatikan pola makan dan olahraga dengan teratur. Kita juga bisa minum vitamin penyubur kandungan, yang sudah banyak dijual saat ini. Carilah vitamin dan obat penyubur yang benar-benar aman.

Terakhir, jika ingin hamil kita tidak boleh stres dan mental kita harus dalam keadaan baik.  Stres akan membuat kita sulit untuk hamil karena akan mempengaruhi kondisi tubuh kita. Banyak hal yang harus kita perhatikan demi kehamilan yang sehat dan aman.