Ada kalanya sebagai pemilik rumah merasa bosan lantaran suasana maupun desain ruangan rumah tampak  itu-itu saja. Apabila diamati secara seksama, ternyata lantai acap menjadi salah satu elemen penting dari rumah yang paling jarang memperoleh sentuhan dekorasi. Untuk itulah Anda harus mencari solusi agar lantai granit yang digunakan untuk hunian tidak terlihat kotor.

Asalkan Anda memiliki kreativitas dan desain, soal mempercantik lantai bisa menjadi solusi terbaik untuk memberikan nuansa yang berbeda di ruangan. Perlu diingat jika mendekorasi ruangan tidak selalu dari segi motif saja, melainkan dari sisi kenyamanan yang patut Anda pertimbangkan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya ruangan tetap terasa nyaman dan cozy, di antaranya adalah aspek kegunaan ruang, luas ruang, dan konsep ruang.

lantai granit
lantai granit

Penggunaan lantai granit memerlukan perawatan ekstra agar tidak terlihat kotor dan tampak kurang mengkilap. Andaikan Anda menggunakan keramik unpolished bisa diaplikasikan ke area yang berinteraksi langsung dengan air, tetapi dengan intensitas yang rendah. Ruang seperti kamar mandi kering, garasi, dapur, dan teras adalah contoh ruangan yang cocok menggunakan keramik granit unpolished.

Material jenis ini tidak menutup kemungkinan Anda gunakan untuk ruangan dalam di rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Bila Anda memilih ubin polished, selayaknya digunakan pada area ruang dalam, seperti ruang keluarga, kamar tidur, ruang tamu, serta untuk dinding kamar mandi.

Berbeda dengan pemilihan ubin rustic yang biasa diaplikasikan pada area yang sering terkena air intensitas tinggi. Tujuan menerapkan ubin jenis ini adalah agar lantai tidak licin ketika dilewati. Namun, ada juga beberapa pemilik hunian menggunakan keramik rustic untuk set indoor, seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Syarat menggunakan keramik rustic adalah penggunaan harus disesuaikan dengan konsep ruangan.

Selain fungsi ruangan, konsep ruangan dan luas ruangan berpengaruh terhadap motif dan warna lantai granit maupun jenis keramik yang digunakan. Misalnya, gaya industrial, yang mengarah pada warna monochrome dengan motif batu ataupun semen dengan jenis keramik granit unpolished dan rustic.