Semua orang tentunya akan setuju apabila listrik menjadi salah satu energi yang sangat penting pada saat ini. Akan tetapi meskipun demikian, biaya tagihan listrik PLN  yang setiap bulannya kita bayarkan seringkali membuat kita tidak tenang karena terkadang harus dibayarkan dengan biaya yang cukup besar.

Padahal apabila kita telah dengan cermat, biaya listrik akan sebanding dengan penggunaan energi listrik tersebut. Semua orang tanpa terkecuali tentu ingin memiliki biaya listrik yang hemat dan terjangkau, oleh karena itu berikut ini ada beberapa macam tips yang akan sangat bermanfaat yang bisa digunakan oleh semua orang yang ingin mulai berhemat khususnya untuk konsumsi listrik. 

tagihan listrik PLN
tagihan listrik PLN

Tips yang pertama adalah memilih daya listrik sesuai kemampuan. Ada beberapa macam pilihan daya listrik yang bisa digunakan oleh semua orang mulai dari 450 VA, 900 VA hingga beberapa kategori lainnya. Apabila kita ingin memiliki biaya tagihan listrik PLN yang murah dan terjangkau, kita bisa memulainya dengan cara memilih daya listrik yang tepat.

Daya listrik 450 VA-900 VA bisa menjadi pilihan karena masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Tips yang kedua adalah dengan memilih menjadi pelanggan listrik prabayar. Pelanggan prabayar tidak perlu dipusingkan dengan biaya listrik yang harus dikeluarkan per bulannya. Penggunaan energi listrik akan disesuaikan dengan jumlah token yang dimiliki sehingga penggunanya akan lebih bijak ketika akan menggunakan energi tersebut.

Tips yang ketiga yang bisa dilakukan agar tagihan listrik PLN tidak mahal adalah tidak menggunakan perlengkapan elektronik secara berlebihan. Apabila kita tidak lagi menggunakan peralatan elektronik seperti televisi, AC, kulkas dan beberapa macam peralatan elektronik lainnya kita harus memastikan semua peralatan elektronik tersebut sudah terputus dari sambungan listrik.

Hal tersebut tidak hanya akan membuat konsumsi listrik menjadi lebih hemat akan tetapi juga menghindarkan kita dari risiko kebakaran karena adanya arus pendek listrik. Selain harus mampu berhemat, pada saat ini ada cara yang mudah dan sangat praktis ketika akan melakukan pembayaran tagihan listrik yaitu dengan menggunakan aplikasi jenius.

Aplikasi jenius merupakan sebuah aplikasi yang bisa dimiliki oleh semua orang khususnya mereka yang ingin mendapatkan kemudahan ketika akan membayar tagihan dan cicilan.