haid tidak teratur
haid tidak teratur

Siklus haid adalah sebuah siklus yang biasa dialami oleh setiap wanita. Siklus tersebut adalah sebuah peristiwa di mana mereka mengalami pendarahan yang diakibatkan oleh terkikisnya dinding rahim. Siklus tersebut biasanya dialami setiap 28 hingga 36 hari setiap bulannya.

Untuk haid sendiri biasanya berlangsung paling singkat 3 hari dan paling lama hingga satu Minggu. Akan tetapi ada beberapa wanita yang sering mengalami masalah haid tidak teratur yang akan mengganggu metabolisme tubuh serta menghadirkan kekhawatiran tersendiri bagi siapa saja yang mengalaminya. Akan tetapi masalah tersebut sebetulnya bisa diatasi dengan cara yang mudah dan aman.

Berikut ini ada 4 langkah alami yang mampu menuntaskan masalah haid tidak teratur pada wanita. Langkah yang pertama adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang berlebih bisa menjadi salah satu penyebab mengapa seorang wanita memiliki siklus datang bulan yang tidak teratur.

Related image

Pola makan yang tidak sehat yang tidak terkontrol harus dikurangi sehingga berat badan yang dimiliki menjadi lebih ideal dan mampu menuntaskan masalah haid yang tidak teratur. Langkah yang kedua adalah rajin berolahraga. Kegiatan olahraga memiliki manfaat dan keuntungan yang sangat besar bagi tubuh. Selain akan menjadikan tubuh lebih bugar dan lebih sehat, aktivitas olahraga juga membantu mengembalikan siklus haid menjadi lebih teratur.

Langkah alami ketiga yang bisa ditempuh oleh setiap wanita yang mengalami masalah haid tidak teratur adalah mengonsumsi buah nanas. Buah nanas sudah dikenal lama mampu menuntaskan masalah keterlambatan pada siklus datang bulan. Nanas memiliki kandungan sebuah enzim yang bisa membantu melunakkan dinding rahim hingga memperlancar datangnya menstruasi.

Melakukan aktivitas yoga bisa menjadi salah satu solusi lain yang akan membantu setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang normal. Yoga bisa membantu menyeimbangkan beberapa jenis hormon yang ada di dalam tubuh sehingga bisa menjadikan siklus haid menjadi lebih teratur. Itulah 4 cara alami dan aman yang bisa dilakukan untuk menuntaskan keterlambatan datang bulan pada semua wanita.