Semen Putih

Sebagai salah satu bahan bangunan penting, semen perlu diperhatikan dengan baik sebelum Anda melakukan pembangunan. Pada umumnya, semen yang sering digunakan untuk membangun rumah atau bangunan lain adalah semen abu.

Namun ternyata ada semen lain yang juga bisa digunakan untuk pembangunan. Semen tersebut adalah semen putih atau white cement. Anda yang jarang membangun rumah atau bangunan lain, pasti masih awam dengan semen satu ini. Berikut ini adalah perbedaan dengan semen biasa yang perlu Anda ketahui:

Semen Putih
Semen Putih
  • Warna dan Tekstur

Perbedaan pertama dari kedua jenis semen ini tentu saja ada pada warnanya. Sesuai dengan namanya, white cement memiliki warna putih. Sedangkan semen biasa yang sering Anda jumpai memiliki warna abu. Untuk teksturnya sendiri, white cement dinilai lebih halus dibandingkan dengan semen biasa.

  • Kegunaan

Penggunaan kedua jenis semen ini ternyata berbeda. Meski pada umumnya ada beberapa penggunaan yang sama dimana white cement menghasilkan kualitas yang lebih baik, namun secara umum berbeda. Penggunaan utama semen biasa yaitu untuk pengecoran serta lapisan dinding. Sedangkan white cement digunakan untuk hal yang lebih dekoratif bukan konstruktif seperti semen biasa. Penggunaan semen putih yaitu untuk acian, plamir, kombinasi keramik, dan lain-lain.

  • Komposisi

Komposisi kedua semen ini berbeda sehingga membuat warna dan teksturnya juga berbeda. White cement memiliki kandungan mangan oksida dan oksida besi yang lebih kecil sehingga warnanya lebih putih. Sedangkan semen biasa memiliki bahan baku yang berbeda-beda, tergantung dari jenis semen itu sendiri.

  • Pembagian Jenis

Perbedaan terakhir yaitu pembagian jenis semen. Kita ketahui bersama bahwa semen biasa memiliki jenis yang beragam seperti semen tipe I, semen tipe II, semen tipe III, dan lain-lain. Semen tersebut tentu saja memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk pembangunan. Lain halnya dengan white cement dimana hanya terdiri dari satu jenis saja.

Itulah perbedaan semen putih dan semen biasa yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui hal di atas, Anda bisa memilih semen sesuai kebutuhan pembangunan. Semen Tiga Roda menyediakan berbagai jenis semen yang bisa Anda pilih mulai dari white cement berkualitas hingga semen biasa beragam jenis. Informasi lebih lengkap tentang produk yang dijual oleh Semen Tiga Roda bisa Anda lihat di website resminya yaitu sementigaroda.com.