Kuliah Animasi
Kuliah Animasi

Bagi para pecinta film tentu tidak asing dengan film animasi. Film ini mempunyai keunikan tersendiri karena memerlukan kreativitas yang tinggi.  Pada mulanya penggarapan film animasi masih menggunakan cara sederhana karena keterbatasan teknologi. Namun, berkat teknologi yang semakin berkembang kini para animator dapat dengan mudah berkreasi. Bahkan, mereka dapat membuat karya yang benar-benar terlihat mirip dengan kehidupan nyata. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk kuliah animasi.

Peluang Kerja Animasi

Memilih jurusan animasi merupakan pilihan tepat bagi Anda yang kreatif karena Anda dapat menyalurkannya menjadi sebuah karya dan menghasilkan uang. Berikut merupakan sejumlah profesi untuk lulusan animasi.

Animator

Profesi yang paling utama yaitu menjadi seorang animator. Dengan kemampuan Anda dalam membuat animasi maka Anda dapat bekerja di rumah produksi. Pendapatan yang dihasilkan oleh animator pun lumayan menggiurkan. Seorang animator pemula dapat menghasilkan gaji mulai dari 3 jutaan. Gaji tersebut tentu masih mungkin akan terus bertambah seiring dengan perjalanan waktu dan pengalaman yang Anda miliki.

Menariknya, Anda berkesempatan untuk mendapatkan mendapatkan beasiswa ke luar negeri karena banyak yang menawarkan beasiswa untuk jurusan ini. Bahkan, jika Anda memang ingin menjadi animator profesional Anda juga dapat bekerja di luar negeri.

Kuliah Animasi

Desain Karakter

Karakter merupakan hal terpenting dalam film animasi. Untuk menciptakan karakter yang lengkap seperti ekspresi wajah dan perlengkapan pakaian yang dikenakan memerlukan jasa orang yang ahli dibidang ini. Pekerjaan ini cukup rumit karena harus memperhatikan setiap detail yang dibuat. Hal inilah yang membuat gaji desainer karakter cukup mahal. Pendapatan yang dihasilkan dari membuat desain karakter mulai dari 4 jutaan.

Komikus

Peluang kerja lainnya yang mungkin untuk jurusan animasi yaitu menjadi seorang komikus. Komik merupakan bacaan yang banyak digemari karena dilengkapi dengan gambar yang seru dan keren. Kesempatan Anda untuk bergabung dengan perusahaan penerbit komik cukup besar dengan kemampuan yang Anda miliki. Atau bahkan Anda dapat menciptakan platform tersendiri untuk membuat karya-karya Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari karya tersebut.

Desainer Visual Efek

Efek merupakan elemen penting dalam sebuah film baik animasi maupun non animasi. Pada film animasi, efek dapat membuat film terlihat seperti nyata sehingga mengesankan penonton. Dalam jurusan animasi Anda akan belajar membuat desain visual efek sehingga jika Anda menguasai ilmu ini maka Anda pun berkesempatan menjadi desainer visual efek.

Background Artis

Pembuatan film animasi memerlukan ketelitian dan detail yang sangat halus. Untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan situasi yang digambarkan di film tersebut makan harus diberikan background yang tepat pula. Pembuatan background ini memerlukan kreativitas dan detail yang kompleks sehingga memerlukan proses yang cukup memakan waktu. Namun demikian, gaji yang bisa dihasilkan oleh seorang background artis cukup tinggi yaitu mulai dari 4 jutaan.

IDS College

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari animasi silahkan bergabung bersama IDS College. Anda dapat mengikuti program short course yang ditawarkan. Peserta short course akan mendapatkan pelatihan langsung dari pengajar yang telah berpengalaman di bidang animasi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fasilitas lab komputer dan akan mendapatkan sertifikat setelah selesai menjalani short course tersebut.

Program ini sangat sesuai bagi Anda yang masih pemula karena Anda akan belajar dasar-dasar pembuatan animasi. Anda juga akan dikenalkan dengan modeling 3D yaitu texturing, rendering & lighting. Bahkan, Anda pun juga akan diajarkan cara membuat karakter model 3d yang realistis.