cara mengatasi gatal alergi
cara mengatasi gatal alergi

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga kerap kali mengalami yang namanya alergi seperti gatal-gatal. Untuk mengetahui cara mengatasi gatal alergi, sebenarnya hanya diperlukan penyebabnya. Namun, cara mengatasi ini khusus untuk gejala-gejala alergi yang masih tergolong ringan.

Sebelum kami bahas cara mengatasinya, berikut kami jelaskan apa saja penyebab-penyebab gatal yang diakibatkan oleh alergi.

1.  Zat Kimia

Tanpa kita sadari, beberapa zat kimia yang biasa digunakan pada parfum, deterjen, dan lainnya, juga dapat mengakibatkan alergi kulit. Gejala yang ditimbulkannya pun mulai dari yang ringan hingga yang berat.

2.  Bulu Hewan

Bulu hewan sudah banyak diketahui dapat menyebabkan alergi, khususnya pada anak-anak. Baik itu jenis bulu hewan seperti kucing, maupun hewan-hewan unggas. Meski begitu, ketahanan anak pada alergi bulu ini tergolong berbeda-beda. Artinya, ada juga anak yang tidak alergi terhadap bulu-bulu tersebut.

cara mengatasi gatal alergi

3.  Cuaca Dingin

Beberapa anak mungkin akan mengalami perubahan kondisi saat terpapar cuaca dingin. Salah satunya yaitu gatal-gatal pada kulit. Bahkan suhu dingin juga dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan juga gatal pada si kecil.

4.  Alergi Terhadap Makanan

Beberapa anak juga biasanya akan mengalami gatal-gatal setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Gatal biasanya menjadi reaksi si kecil atau respon terhadap makanan tersebut.

5.  Alergi Terhadap Debu

Debu biasanya menjadi salah satu jenis alergi yang sangat umum bagi anak-anak. Debu juga mudah dijumpai di dalam rumah, bahkan pada saat si kecil bermain di luar ruangan. Bahkan, debu juga sering terdapat pada perlengkapan si kecil.

Cara Mencegah dan Mengatasi Gatal Alergi Anak

Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah Anda mengenal penyebabnya, barulah bisa disimpulkan tindakan-tindakan pencegahannya.

Jika alergi gatal disebabkan makanan, maka hindarilah makanan-makanan yang dapat menyebabkan alergi. Terutama jenis makanan-makanan seperti kacang. Jika alergi diakibatkan oleh debu, maka rajinlah membersihkan debu-debu di dalam rumah.

Gunakan juga pakaian berbahan tebal seperti jaket untuk si kecil. Tujuannya agar si kecil tidak gatal karena alergi cuaca dingin. Begitu juga dengan penyebab-penyebab lainnya yang bisa Anda cegah sesuai dengan jenis alergi si kecil.

Demikian penjelasan seputar penyebab dan juga cara mengatasi gatal alergi pada anak-anak. Semoga membantu.