Gerakan tutup mulut pada bayi
Gerakan tutup mulut pada bayi

Berat badan yang ideal dan proporsional menjadi salah satu tolak ukur bahwa seorang anak mampu tumbuh baik dan sehat. Salah satu faktor terpenting yang akan berpengaruh terhadap berat badan si kecil adalah nafsu makan mereka sendiri. Anak-anak yang tidak sulit untuk mengkonsumsi makanan yang disajikan oleh ibu tentu akan memiliki berat badan yang lebih ideal jika dibandingkan dengan seorang anak yang sulit untuk makan.

Anak yang sulit makan akan memberikan tanda-tanda yang mudah dikenali salah satunya adalah Gerakan tutup mulut pada bayi. Ibu tentunya akan merasa bimbang saat dihadapkan dengan permasalahan tersebut karena bayi yang melakukan gerakan tutup mulut akan sulit mendapatkan nutrisi yang berperan penting selama masa pertumbuhan.

Ada beberapa macam faktor yang bisa menyebabkan Gerakan tutup mulut pada bayi salah satunya adalah karena faktor kesehatan. Seorang bayi yang sedang mengalami gangguan kesehatan seperti diare, demam flu dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya akan memiliki nafsu makan yang kurang baik. Selain faktor kesehatan berikut ini ada beberapa macam hal yang perlu dihindari agar si kecil memiliki nafsu makan yang baik. Hal pertama yang perlu dihindari adalah tidak melakukan paksaan saat memberikan makanan.

Gerakan tutup mulut pada bayi

Paksaan merupakan salah satu tindakan yang kurang baik terlebih lagi pada saat kegiatan makan. Bayi yang sulit untuk makan akan merasa kurang nyaman apabila mendapatkan paksaan dari orang tuanya sehingga mereka akan lebih sulit untuk menyantap makanan yang telah disajikan. Pada saat menyuapi makanan alangkah baiknya Ibu bisa mengalihkan perhatian mereka dengan cara mengajaknya jalan-jalan atau bermain. Dengan begitu maka akan tercipta suasana yang lebih nyaman sehingga mereka akan lebih bersemangat untuk penyedap makanan yang telah disajikan.

Hal kedua yang harus dihindari oleh ibu agar si kecil memiliki nafsu makan yang baik dan tidak memberikan gejala Gerakan tutup mulut pada bayi adalah menghindari membuat menu makanan itu itu saja. Gerakan tutup mulut pada anak bisa saja disebabkan karena timbulnya rasa bosan dengan menu makanan yang tidak bervariatif. Ibu bisa memberikan beberapa jenis makanan dengan proses pengolahan yang menarik sehingga mereka memiliki nafsu makan yang lebih tinggi.

Berikut ini yang harus dihindari agar anak-anak memiliki nafsu makan yang baik adalah tidak memberikan jadwal makan Yang tepat. Jadwal makan yang lebih teratur akan memberikan manfaat yang sangat besar salah satunya akan membinasakan mereka untuk berdisiplin saat jam makan.