Digital marketing
Digital marketing

Kelangsungan sebuah perusahaan tergantung pada marketing yang digunakan. Hal ini disebabkan peranan marketing yang sangat krusial dalam memperkenalkan perusahaan serta produk atau jasa yang ditawarkan. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, dunia marketing pun ikut menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Digital marketing kini lebih gencar digunakan untuk promosi karena memiliki segmen yang sangat luas. Selain itu, pemasaran dengan cara modern ini lebih menarik karena memiliki banyak platform.

Macam-Macam Digital Marketing

Agar bisnis semakin berkembang dan banyak dikenal oleh masyarakat luas maka bisa menggunakan cara pemasaran yang menarik. Berikut merupakan beberapa macam digital Marketing yang bisa dicoba.

Marketing Media Sosial

Masyarakat modern sudah tidak asing dengan keberadaan sosial media. Platform ini terdiri dari beberapa jenis dan masing-masing memiliki segmen usia pengguna yang berbeda. Pada awal kemunculannya, media sosial lebih banyak digunakan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri. Namun, perkembangan teknologi membuat hal ini bisa dimanfaatkan untuk pemasaran.

Beberapa media sosial yang banyak digunakan masyarakat diantaranya Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Youtube dan masih banyak lagi. Nah, agar produk atau jasa tepat sasaran maka pilih media sosial yang sesuai. Jika target pasar adalah anak muda atau orang dewasa paruh baya maka bisa menggunakan Instagram atau TikTok. 

Affiliate Marketing

Jika perusahaan memiliki dana yang cukup besar maka bisa melakukan affiliate marketing. Cara pemasaran ini dilakukan dengan menggandeng influencer sehingga masyarakat akan lebih mudah mengenali produk atau jasa yang ditawarkan. Agar pemasaran ini berhasil maka pilih influencer yang memiliki banyak pengikut atau sedang naik daun. Memilih influencer juga harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang ingin dipromosikan. Jika ingin mempromosikan kosmetik atau skincare maka pilih influencer yang sering melakukan review produk kecantikan dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan pengikut influencer tersebut sudah jelas mereka yang tertarik dan antusias terhadap produk perawatan dan kecantikan.

SEO

Di zaman digital seperti sekarang ini segala sesuatu seakan dalam genggaman. Konsumen yang ingin mendapatkan informasi tentang jasa atau produk yang ingin digunakan bisa mencarinya di internet. Nah, agar produk dan jasa perusahaan ini bisa muncul dalam mesin pencarian maka perlu menggunakan SEO. Melalui cara ini, tim pengelola pemasaran digital akan memaksimalkan website yang digunakan oleh perusahaan. Jika website tersebut bisa muncul paling atas di mesin pencarian maka hal ini akan membuat banyak orang yang mengunjungi website tersebut. Naiknya traffic pada website juga akan berdampak terhadap jasa atau produk yang ditawarkan.

Content Marketing

Pemasaran dengan cara digital juga bisa menggunakan content marketing. Nah, fokus utama dari pemasaran jenis adalah membuat konten yang sesuai dengan produk dan jasa sesuai dengan target pasar yang dikemas secara menarik, informatif dan mampu melibatkan konsumen. Di era digital seperti sekarang ini, content marketing bisa berupa podcast, blog, video atau e-book.

Email Marketing

Jenis marketing berikutnya yang terlihat profesional yaitu e-mail marketing. Cara pemasaran seperti yaitu akan dilakukan secara otomatis setiap hari sehingga konsumen akan mendapatkan e-mail berisi promo, diskon atau penawaran menarik. Agar promosi via e-mail ini dibaca oleh penerimanya maka pertimbangkan waktu pengiriman yang tepat.

Nah, itulah beberapa macam pemasaran diginet.co.id yang umum digunakan. Agar pemasaran lebih maksimal tentu Anda perlu menggandeng perusahaan yang kompeten dibidang pemasaran. Diginet Indonesia merupakan perusahaan professional yang bisa Anda pilih untuk mengembangkan bisnis Anda. Segenap tim terbaik Diginet siap membantu Anda dalam menggunakan pemasaran yang tepat.