Apa Saja wisata alam
Apa Saja wisata alam

Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya yang jarang dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Banyak tempat wisata di Jawa Barat yang menjadi incaran wisatawan karena pemandangannya yang eksotis. Jawa Barat juga memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan, membuat daerah ini semakin asri dan menawan. Jawa Barat terkenal tidak hanya karena wisata alamnya tetapi juga karena budaya, kuliner, pantai dan tempat hiburan serta tempat makan dengan konsep yang unik.

Namun banyaknya tempat wisata di Jawa Barat justru membuat wisatawan bingung dalam menentukan prioritas tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Apa saja wisata alamnya ? Nah, pada artikel di bawah ini kami telah membuat daftar 6 tempat wisata di Jawa Barat yang direkomendasikan.

1. Kawah Putih, Bandung

Kawah Putih atau Kawah Putih adalah tempat wisata yang sangat terkenal di Bandung. Terletak di Ciwidey di Jawa Barat. Kawah ini berada di puncak Gunung Patuha, Ciwidey sekitar 2 jam dari Bandung, sehingga menawarkan udara sejuk dengan suhu 8-22 derajat. Sepanjang perjalanan menuju Kawah Putih wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan yang menambah kesejukan tempat ini. Bersiaplah untuk terpesona dengan keindahan alam ini, kabut tebal dan warna air kawah yang terlihat putih kebiruan.

Air di danau ini bisa berubah warna tergantung suhu, cuaca dan gas belerang di sekitar kawah. Ada banyak tanaman mati yang hanya menyisakan pepohonan dan dahan di sekitar danau. Namun hal inilah yang membuat pemandangan kawah terlihat lebih artistik.

2. Green Canyon, Pangandaran

Green Canyon yang terletak di Desa Kertayasa, Pangandaran, merupakan tempat wisata yang sangat indah. Hal ini menyuguhkan pesona bebatuan tinggi yang menjulang tinggi. Pengunjung bisa menikmati tebing-tebing tinggi dengan aliran Sungai Cijulang di bawahnya.

Wisatawan juga bisa berkeliling Green Canyon menggunakan perahu kecil yang tersedia di sana. Aktivitas lain yang dapat dilakukan wisatawan di sini adalah Body Rafting menyusuri sungai di bawah tebing melalui pepohonan hijau yang berjarak sekitar 3 kilometer.

3. Taman Batu, Padalarang

Stone Garden terletak di Gunung Masigit, Cipatat. Sangat eksotik, populer dan cocok sebagai tempat pengambilan foto prewedding. Sebelumnya, tidak banyak orang yang mengetahui keindahan yang tersembunyi dari puncak bukit Stone Garden. Batuan bertabur medan ini begitu menakjubkan terutama di pagi hari atau saat senja saat matahari terbenam.

Setelah menjelajahi bebatuan alam yang bertebaran di sekitar danau purba, wisatawan bisa menikmati pemandangan fenomenal dari atas bukit. Dari atas hamparan luas pemandangan tersaji dengan indah. Taman batu di dataran tinggi di bukit ini akan membuat Anda merasa seperti sedang bepergian ke luar negeri.

Anda bisa melihat bebatuan tegak dengan formasi artistik dari atas padang rumput di bukit yang Anda daki. Banyak pengunjung mengabadikan momen ini dengan latar belakang pemandangan langit lepas dan lahan pertanian yang hijau serta perbukitan yang menjulang tinggi.

4. Curug Cikaso, Sukabumi

Air Terjun Cikaso, (bahasa Sunda: Curug Cikaso) adalah sebuah objek wisata air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Dikenal juga dengan nama Curug Luhur namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat karena aliran airnya berasal dari anak sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug.

Cikaso terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan dan sebuah kolam di bawahnya yang memiliki warna air pirus yang eksotis. Ketinggian air terjun yang mencapai 80 meter dan lebar tebing 100 meter menyuguhkan pemandangan indah dan menawan dari limpahan air yang dikelilingi pepohonan hijau. Air yang tercurah kemudian menciptakan kabut air yang eksotis dan menyegarkan.

Wisatawan bisa merasakan kesegaran Air Terjun Curug Cikaso dan melihat tipisnya embun yang dihasilkan dari guyuran air terjun.

Apa Saja wisata alam

5. Pulau Biawak

Pulau Biawak atau Pulau Rakit adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu. Biawak adalah pulau seluas 120 hektar yang dipenuhi dengan mangrove lebat yang menyatu dengan jenis perkebunan lainnya. Biawak berarti “kadal” dan ada ratusan dari mereka berkeliaran di seluruh pulau. Setiap matahari terbenam, ratusan biawak hingga 1,5 meter berenang ke pantai untuk berburu makanan.

Pengunjung juga bisa menemukan mercusuar yang menjulang tinggi. Dibangun pada tahun 1872, mercusuar sepanjang 65 meter ini terdiri dari 16 lantai. Untuk mencapai puncak mercusuar, pengunjung harus melewati sekitar 300 anak tangga yang diputar. Keindahan bawah lautnya juga luar biasa dan wisatawan bisa melakukan snorkeling di sini. Ratusan ikan hias dengan terumbu karang yang indah akan menyambut mereka yang melakukan penyelaman di Pulau Biawak.

6. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya, tetapi juga memiliki beberapa pantai pasir putih yang indah mirip dengan yang ada di Bali. Salah satu spot pantai terindah di Jawa Barat adalah Pantai Ujung Genteng, Sukabumi. Ujung Genteng juga populer karena salah satu suaka penyu hijau terbesar di Asia Tenggara.

Pantai Ujung Genteng merupakan kawasan wisata pantai yang terletak di sebelah barat daya Semenanjung Pulau Jawa, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Ciri khas pantai selatan Pulau Jawa adalah airnya yang jernih.

Kawasan wisata pantai Ujung Genteng memiliki enam pantai yang indah dan asri yaitu; Pantai Minajaya, Pantai Pangumbahan, Pantai Amanda Ratu, Pantai Cipanarikan atau Pantai Pasir Putih, Pantai Ombak Tujuh dan Pantai Cibuaya.