Curug Cinulang
Curug Cinulang

Curug Cinulang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang, tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang.

Namun sebenarnya sebagian area Curug Cinulang juga terletak di Kabupaten Bandung. Jaraknya sendiri lebih dekat jika ditempuh dari Bandung daripada dari Sumedang.

Air terjun ini berada di lereng pegunungan yang masih asri penuh pepohonan hijau. Sepanjang jalan menuju lokasi curug pun kita akan disuguhi pemandangan alam yang menyenangkan. Karena berada di pegunungan maka tak heran jika hawanya sejuk dan airnya dingin.

Untuk sampai di lokasi air terjun kita harus menuruni tebing yang tidak curam. Di dasar tebing akan kita temui 2 air terjun yang tak kering meski di musim kemarau. Bahkan di musim penghujan aliran air terjun akan menjadi lebih deras.

Air terjun setinggi sekitar 30 meter itu berasal dari mata air pegunungan. Airnya begitu bening, dingin, dan segar. Airnya mengucur ke bawah dari ketinggian menimbulkan sebuah sungai yang dipenuhi batu-batu besar.

Di batu-batu itu kita bisa berfoto, duduk mencangkung dengan kaki di air, atau bersantai memandangi air terjun. Kita juga bisa mandi-mandi di sela batu dan bermain air. Yang tahan dingin barangkali bisa mencoba mandi di dekat guyuran air terjun.

Puas bermain air kita bisa naik, duduk di tempat yang disediakan atau nongkrong di warung makan. Tapi ganti baju dulu ya biar tidak menggigil kedinginan. Baju ganti, jaket, dan tas tahan air (untuk melindungi gadget) termasuk perlengkapan yang wajib dibawa.

Jika datang waktu shalat kita bisa menggunakan mushala yang ada di area air terjun. Fasilitas lain cukup lengkap juga seperti toilet dan tempat parkir. Warung makan pun jumlahnya tidak hanya satu, ada beberapa, mereka menjual makanan,cemilan, dan minuman.

Curug Cinulang masih alami dan sayang sekali jika keindahannya rusak. Salah satu cara kita untuk ikut menjaga kelestariannya adalah dengan memperhatikan sampah. Jangan buang sampah sembarangan, buang di tempat yang disediakan atau kalau perlu kita bawa pulang saja sampah kita.

Juga jangan merusak tanaman dan menyakiti hewan yang ada di sekitat curug. Pendeknya jangan tinggalkan apapun di curug kecuali jejak kaki kita.

Rekomendasi Transportasi

Jika kamu berwisata bersama rombongan atau keluarga, dari Bandung sebaiknya menyewa saja mobil. Di dirgantaracarrental.com kamu bisa memilih jenis mobil sesuai kebutuhanmu. Persewaan mobil yang berpengalaman puluhan tahun ini akan siap melayanimu dengan ramah dan profesional.