Jika anda berada di Jawa Barat, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Cukang Taneuh. Objek wisata yang menjadi primadona dari Jawa Barat ini, memang menyimpan begitu banyak pesona alam yang menakjubkan. 

Keindahan Green Canyon Pangandaran, cukup populer bahkan terdengar hingga ke penjuru negeri. Sebelum mengunjungi Cukang Takeuh, yuk simak berbagai keindahan yang ditawarkan oleh salah satu surga Indonesia ini yang kami kutip dari Harapan Rakyat.

Aliran Air yang Diapit Oleh Tebing Berbatu 

Bak negeri dalam sebuah dongeng, anda dapat melihat sebuah pemandangan yang mempesona bahkan ketika pertama kali tiba di tempat ini. Cukang Takeuh memiliki sebuah aliran air dari sungai Cijulang, yang jernih dan segar. 

Warna yang dikeluarkan oleh air sungai ini merupakan hasil dari perpaduan air laut dan sungai, sehingga mampu mengeluarkan warna hijau terang yang menyegarkan. 

Warna hijau memang mendominasi dari lokasi Green Canyon Pangandaran, mulai dari aliran sungainya hingga pada seluruh pepohonan disekitar lokasi. 

Keindahan dari lokas Cukang Takeuh, di lengkapi dengan tebing dan bebatuan di sekitar aliran sungai. Air sungai diapit oleh tebing batu yang megah dan menjulang tinggi, membuat anda seolah berada di negeri dongeng. 

Pepohonan rimbun mengintip dari balik tebing, dan menghiasi setiap sisi dari tempat ini. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan asri yang menakjubkan, di setiap sudutnya. 

Tak heran banyak yang mengunjungi lokasi ini untuk melepas penat, setelah lelah berkegiatan. Udara segar ditambah aliran air yang menenangkan, membuat pengunjung enggan beranjak dari tempat ini. 

Anda dapat menyusuri air sungai Cijulang, dengan menggunakan perahu yang berkapasitas 6 orang. Aliran sungai ini akan menuju sebuah gua, yang tak kalah cantiknya dengan pemandangan luar. 

Megahnya ukiran stalaktit dan stalakmit pada setiap sisi gua, membuat anda takjub dengan keindahannya. Bagaimana, apakah anda ingin melihat keindahan Green Canyon Pangandaran secara langsung ?

Akses Menuju Cukang Takeuh

Apabila anda berada di luar propinsi Jawa Barat, maka anda dapat menggunakan transportasi darat atau udara menuju kota Bandung. Dari kota Bandung, anda bisa mengambil jalur bus menuju Pangandaran. Setelah tiba di terminal Pangandaran, terdapat jasa mini bus yang dapat anda gunakan untuk menuju terminal Cijulang. 

Sedangkan untuk mencapai lokasi Cukang Takeuh, lakukan perjalanan menuju dermaga Ciseureuh. Pada dermaga inilah, anda dapat melakukan transaksi untuk membeli tiket perahu menuju lokasi objek wisata. Setidaknya perjalanan yang akan ditempuh sekitar 30 hingga 45 menit, menggunakan perahu kayu atau ketinting. 

Perahu kayu atau ketinting ini akan membawa anda menyusuri sungai Cijulang, yang menyuguhkan pemandangan indah dari pepohonan yang menjulang di tepi sungai. 

Hutan yang ada di sekitar sungai merupakan kawasan yang masih asri, sehingga jika anda beruntung anda bisa melihat beberapa satwa liat di sekitar sungai.

Semakin menyusuri sungai Cijulang ini, anda juga dapat melihat sebuah tebing yang indah menghapit kedua sisi dari sungainya. 

Pesona Green Canyon Pangandaran semakin indah, dengan adanya air terjun yang jatuh dari sisi tebing. Bahkan, anda tidak akan pernah bosan dengan keindahan yang dipancarkan pada setiap sisinya. 

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Cukang Takeuh

Keindahan yang dipancarkan oleh salah satu surga Indonesia ini, tentu sangat wajib untuk dibadikan dengan bidikan kamera. 

Selain berselfie ria, anda juga dapat melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Wisatawan dapat berenang di air sungai yang sangat jernih, ditemani dengan beberapa ikan yang ada di dalam sungai Cijulang. 

Jika tidak ingin berenang, wisatawan pun dapat menyusuri gua dengan stalaktit dan stalakmit yang megah. Apabila anda menyukai tantangan, kegiatan body rafting pun dapat dilakukan. 

Memang ada begitu banyak yang dapat anda lakukan di Green Canyon Pangandaran ini, mulai dari berenang hingga menyusuri bebatuannya. Karena sering berinteraksi dengan air, jangan lupa membawa perlengkapan waterproof case dan baju ganti.

Cukang Takeuh adalah sebuah surga alam yang terdapat di Jawa Barat, Indonesia. Di tempat ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. 

Aliran air yang jenih, dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan tinggi menambah keindahan dari Cukang Takeuh. Jika anda sedang merencanakan liburan, objek wisata di Jawa Barat ini sangat cocok untuk pilihan anda dan rombongan.