jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Sebagai seorang mahasiswa yang kuliah di teknik informatika atau sudah bekerja sebagai programmer maka sudah tidak asing lagi dengan istilah CSS. CSS memiliki singkatan yaitu Cascading Style Sheet. Sebagai mahasiswa yang mengambil jurusan teknik informatika di IDS Digital College harus bisa membuat website dengan menggunakan CSS. Bisa dibilang bahwa peran CSS untuk pembuatan website sangatlah penting. Anda mungkin sering melihat tampilan dari setiap website yang berbeda-beda maka disitulah sebenarnya peran dari CSS. 

CSS memiliki beragam tag yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Bagi Anda yang belum begitu paham mengenai tag CSS yang paling banyak digunakan pada HTML maka bisa melihat ulasannya di bawah ini. 

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

1. Tag Border

Fungsi dari border pada tag CSS adalah berguna untuk memberikan garis tepi pada tampilan website. garis tepi tersebut tidak akan muncul pada tampilan akhir yang bisa diakses oleh user lain. Hanya bisa terlihat pada saat sedang melakukan coding. Garis tepi cukup beragam, jadi bisa disesuaikan dengan keinginan dari si pemilik website tersebut. Mau didesain menjadi terlihat lebih tebal atau justru malah putus-putus. Hal ini bisa dipertimbangkan sesuai dengan konsep website yang akan dibuat. 

Contohnya adalah border: 1px solid yellow. Artinya adalah  “1px” merupakan ukuran dari garis tepi yang dibuat 1 pixel saja. 

Sedangkan maksud dari solid adalah garis tersebut bukan yang putus-putus melainkan tebal dan untuk warna yellow artinya adalah garis tepi tersebut nantinya akan berwarna kuning. Anda bisa kreasikan sendiri sesuai dengan selera. 

2. Tag Background

Untuk Tag CSS background ini terdiri dari 2 jenis yaitu background image dan background repeat. Sesuai dengan namanya, untuk jenis tag background image ini memiliki fungsi yang dijadikan kode agar bisa memunculkan background yang berupa gambar. Namun jangan lupa untuk memasukkan link dari gambar tersebut agar tampilannya bisa terlihat bagus. Untuk bagian ini, Anda disarankan untuk mempunyai situs sendiri agar lebih mudah untuk menyimpan gambar yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan tampilan website yang akan dibuat. 

Selanjutnya yang diajarkan pada jurusan tenik informatika di IDS College adalah jenis tag CSS background repeat. Fungsi dari background repeat adalah untuk bisa melakukan pengulangan gambar pada halaman. Bisa juga dilakukan variasi gambar apabila yang dimasukkan lebih dari satu gambar. 

Berhubung ini merupakan jenis background repeat maka pada saat hendak melakukan pengulangan harus memasukkan kode khusus diantaranya adalah Repeat-x yang memiliki fungsi untuk mengulang gambar pada sumbu x, Repeat-y yang memiliki fungsi untuk mengulang gambar pada sumbu y, dan no-repeat yang memiliki fungsi gambar tidak akan dilakukan pengulangan sehingga hanya muncul 1 kali saja. 

3. Tag Font

Terakhir adalah jenis tag CSS font. Ada 2 jenis yang banyak digunakan ketika membuat website yaitu font size dan font family. Font sizde memiliki fungsi untuk bisa mengubah ukuran huruf yang disesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh programmer. 

Contohnya adalah, font-size: Large;. Artinya adalah ukuran font tersebut menggunakan huruf besar. Begitu juga sebaliknya, apabila menginginkan huruf kecil maka Anda hanya tinggal mengganti kata ”Large” menjadi “Small”. Untuk ukuran yang lebih spesifik lagi maka bisa mencoba dengan mengisi angkanya saja, semisal 10px maka tinggal tulis saja sesuai. Nantinya font akan berubah sesuai dengan ukuran yang diminta. 

Selanjutnya ada font family. Fungsinya adalah untuk mengubah jenis huruf sesuai dengan keinginan seperti Times New Roman, Cambria, Comic Sans dan masih banyak lagi. Anda bisa melihatnya sendiri font apa saja yang cocok. Untuk penulisannya bisa dibuat seperti contoh ini: font-family:Arial;