ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

Jenjang pendidikan Diploma 3 atau D3 merupakan jenjang pendidikan yang bisa kamu lalui selama tiga tahun, kemudian setelah lulus kamu bisa mendapat gelar sebagai Ahli Madya. Kebanyakan orang memilih jenjang pendidikan ini karena waktu kuliah yang lebih singkat dan dianggap lebih mudah atau cepat mendapat pekerjaan. Namun karena berbagai hal, terkadang seseorang juga ingin meningkatkan gelar pendidikannya  dengan melakukan ekstensi D3 ke S1 seperti yang bisa kamu lakukan di IDS Digital College. 

Negara Terbaik untuk Melakukan Ekstensi D3 ke S1

Selain itu, kamu juga bisa melakukan program ekstensi ini di luar negeri, seperti di beberapa negara yang bisa menjadi referensi kamu berikut ini. 

ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

Australia

Di beberapa negara termasuk Australia, para lulusan D3 juga sering dianggap setara dengan lulusan S1. Maka, di negara-negara seperti ini, kamu bahkan bisa langsung melanjutkan studi ke program magister atau S2. Kamu bisa mendaftar pada postgraduate qualifying program di berbagai kampus yang ada di Australia dengan menggunakan ijazah D3 kamu. 

Program ini berupa program untuk penyetaraan SKS yang telah didapat saat di Indonesia yang perlu dilakukan selama kurang lebih empat bulan. Kemudian, kamu bisa langsung melanjutkan kuliah S2 selama 2,5 tahun. Setelah lulus, kesempatan untuk bekerja di Australia juga terbuka lebar. 

New Zealand

New Zealand merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik yang sudah dikenal di seluruh dunia. New Zealand juga bisa menjadi negara pilihan untuk melakukan ekstensi D3 ke S1. Kamu bisa menjalani program ekstensi ini dalam kurun waktu satu tahun. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan double degree jika kampus di New Zealand tersebut memiliki kerjasama bilateral dengan Inggris, yaitu  Bachelor Degree dari UK dan Diploma 7 dari New Zealand. Setelah lulus dan menyelesaikan pendidikan, kamu juga bisa mencoba bekerja di negara tersebut. 

Negara-Negara di Asia (Korea Selatan, Malaysia, Singapura)

Berbagai negara di Asia juga bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi. Misalnya saja di Singapura. Di negara ini ada banyak kampus yang membuka program top up degree yang bisa diikuti oleh para lulusan D3 untuk bisa mendapatkan gelar S1 dengan lebih cepat. 

Selain Singapura, kamu juga bisa memilih Malaysia untuk meneruskan studi. Di negara ini, kamu bisa mengikuti program ekstensi dengan menjalani transfer kredit yang bisa kamu lalui dalam kurun waktu sekitar 1,5 hingga 2 tahun. Atau kamu juga bisa mengikuti program ekstensi di Korea selatan selama dua tahun. 

Amerika

Di negara-negara Amerika seperti USA atau Kanada, kamu membutuhkan waktu selama dua atau tiga tahun. Waktu kelulusan kamu akan tergantung pada jumlah kredit yang bisa kamu dapatkan yang ditentukan sebelumnya oleh pihak Universitas. Setelah itu, kamu bisa mendapat gelar sarjana setelah menempuh waktu studi sekitar tiga tahun. 

Jerman, Prancis, Belanda, atau Spanyol

Negara-negara di Eropa juga bisa menjadi pilihan kamu. Ada program top up degree yang bisa kamu ikuti hanya dalam waktu satu tahun. Disana, lulusan D3 di Indonesia akan disetarakan dengan BTS, DUT, dan lain-lain. 

Itulah beberapa negara yang bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan ekstensi D3 ke S1. Namun, selain kampus-kampus di luar negeri tadi, kamu juga bisa mengikuti program ekstensi di dalam negeri dengan kampus-kampus yang tidak kalah kualitasnya seperti di IDS Digital College.