serum untuk anti aging
serum untuk anti aging

Serum merupakan produk perawatan wajah yang memiliki manfaat beragam. Salah satu manfaat dari serum adalah untuk anti aging atau melawan tanda-tanda penuaan. Wanita mulai menggunakan produk anti aging ketika memasuki usia 30-an. Pasalnya di usia tersebut sudah mulai muncul tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, atau bintik hitam. Namun sebelum menggunakan serum untuk anti aging, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini:  

Usia yang Sesuai

Beberapa orang beranggapan semakin cepat menggunakan serum anti aging maka akan semakin baik. Padahal ada waktu yang tepat menggunakannya yaitu ketika wanita memasuki usia 30-an tahun. 

Pada usia tersebut, wanita sudah akan mulai mengalami masalah penuaan seperti kerutan atau garis halus. Sedangkan pada usia 20-an, kebanyakan wanita belum mengalaminya. Jika belum mengalami masalah penuaan, Anda perlu merawat wajah dengan perlindungan terhadap UVB dan UVA.

serum untuk anti aging

Memilih Serum yang Tepat

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memilih serum untuk anti aging yang tepat. Selain serum, ada produk anti aging berupa krim. Serum perlu digunakan karena bahan aktif yang terkandung di dalamnya lebih terkonsentrasi.

Ketika membeli serum, Anda perlu membaca kandungan dan komposisi produk yang biasanya ada di deskripsi. Beberapa bahan aktif yang baik untuk melawan tanda penuaan adalah vitamin E, vitamin C, sunscreen (untuk serum siang), peptide, moisturizers, dan phytochemicals

Biasanya produk serum yang digunakan di malam hari tidak memiliki kandungan sunscreen karena tidak perlu memberikan perlindungan pada sinar UV.

Kandungan Retinol

Sebagian besar produk anti aging mengandung retinol. Retinol sendiri adalah turunan dari retinoid. Kandungan retinol tersebut membantu kulit tampak lebih muda, terasa lebih kencang, dan juga terasa lebih halus.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan serum untuk anti aging. Kiehl’s dari L’Oreal juga menawarkan produk anti aging untuk Anda. Ada produk yang membantu menyamarkan bintik hitam seperti Clearly Corrective Dark Spot Solution, ada juga produk yang memiliki kandungan retinol seperti Retinol Skin-Renewing Daily Microdose Serum.

Semua produk dari Kiehl’s ada di website www.kiehls.co.id. Sebelum menggunakan serum, Anda harus membaca cara penggunaan dan peringatan terlebih dahulu.