digital marketing
digital marketing

Bagi pemilik bisnis yang bergerak dibidang apapun, baik yang masih baru maupun lama, perlunya menerapkan strategi digital marketing di era internet saat ini, agar dapat meningkatkan penjualan secara cepat melalui metode pemasaran yang lebih praktis dan efektif. 

Pemasaran produk secara digital merupakan salah satu upaya menarik pelanggan potensial menggunakan media digital yang mencakup saluran komunikasi, seperti layanan jaringan internet, website, media sosial, televisi dan lain sebagainya.

Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan menarik banyak pelanggan secara cepat dan efektif, yakni dengan menerapkan beberapa jenis strategi pemasaran digital yang sebenarnya hampir setiap hari sering kita dijumpai.

Jenis Strategi Digital Marketing

Berikut ini ada beberapa strategi digital marketing berdasarkan jenis pemasarannya yang dapat Anda terapkan untuk mendongkrak tingkat penjualan dan menarik banyak pelanggan. Adapun jenis-jenis strategi pemasaran digital tersebut sebagai berikut: 

digital marketing

1. Search Engine Optimization (SEO) 

Search Engine Optimization (SEO) merupakan jenis strategi marketing untuk optimasi sebuah situs agar berada di peringkat teratas hasil pencarian, maka perlu memahami cara kerja sistem mesin pencari agar situs atau website teroptimasi dengan baik.

2. Content Marketing 

Content Marketing merupakan upaya untuk merencanakan, membuat, dan membagikan konten tentang bisnis atau perusahaan. Tujuannya agar konten yang dibuat dapat menarik minat pembaca dan memotivasi mereka untuk membeli produk yang dijual.

3. Affiliate Marketing 

Affiliate Marketing merupakan jenis strategi marketing produk dengan menjalin kerjasama atau bermitra melalui layanan atau website orang lain, berlaku juga di media sosial, tentunya dengan menerapkan sistem komisi untuk setiap referensi yang diberikan kepada pelanggan. 

4. Social Media Marketing 

Social Media Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup ampuh dalam menarik pelanggan potential, jenis strategi digital marketing ini tidak membutuhkan biaya, yang diperlukan hanya membuat materi promosi yang menarik. 

5. Viral Marketing

Viral Marketing merupakan strategi pemasaran dengan membuat konten sekreatif mungkin agar calon pelanggan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Contohnya membuat video beda dari yang lain, bahkan cukup nyeleneh yang menarik perhatian.

6. PPC atau Pay-per-Click 

Pay-per-Click merupakan strategi pemasaran dengan mengarahkan traffic ke situs atau website Anda, bahkan saat ini sudah banyak media sosial yang menyediakan PPC, seperti Twitter, Facebook dan Linkedin sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

7. Native Advertising

Native Advertising merupakan bentuk strategi pemasaran berbayar yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang ditampilkan berfungsi seperti bagian dari media terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook

Sebenarnya masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menarik calon pelanggan dan meningkatkan penjualan, apalagi di zaman serba internet saat ini banyak media digital yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengambangkan bisnis.

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri lagi, kehadiran media digital dan internet saat ini menjadi alat yang sangat ampuh dalam mendongkrak penjualan produk. Hanya saja, Anda perlu menerapkan strategi marketing yang tepat agar pemanfaatannya lebih maksimal dan efektif.

Bagi yang masih bingung menerapkan digital marketing untuk mengembangkan perusahaan dan bisnis, maka dapat bergabung dengan IDEOWORKS.ID, jasa digital agency yang memiliki tim ahli untuk meningkatkan potensi penjualan dari website bisnis Anda.

IDEOWORKS.ID merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Full Service Digital Agency, pada tahun 2014 menjadi bagian dari Google Premier Partner. Setiap tahunnya memberikan service yang unggul untuk meningkatkan penjualan produk anda.