nutrisi untuk anak kucing
nutrisi untuk anak kucing

Makanan merupakan sumber nutrisi utama yang dibutuhkan oleh anak kucing. Semua pemilik kucing pasti menginginkan anak kucingnya tumbuh sehat dan cantik bukan? Oleh sebab itu, Anda wajib memenuhi nutrisi untuk anak kucing melalui makanannya. Pola makan, waktu pemberian makan, dan kebutuhan nutrisi anak kucing tergantung usianya. Berikut ini adalah panduan memenuhi nutrisi anak kucing yang bisa Anda ikuti:

Umur 0-2 Bulan

Anak kucing yang baru lahir tidak bisa langsung mendapatkan makanan padat. Mereka akan menyusui dari induknya untuk mendapatkan nutrisi. Setelah umur anak kucing masuk ke 1 bulan, Anda sudah mulai bisa memperkenalkan makanan kucing dengan ukuran gigitan kecil. Jadi anak kucing bisa menelannya tanpa kesulitan.

Umur 2-4 Bulan

Ketika masuk usia 2 bulan ke atas, Anda sudah mulai bisa memberikan makanan kemasan yang dibeli di toko-toko. Porsi makanan yang bisa Anda berikan yaitu 4-5 pouch jenis makanan basah per harinya. Apabila anabul sudah siap dengan makanan basah dan kering. Kurangi makanan basah hingga 2 pouch, lalu beri makanan kering sebanyak 18-40 gram. Hal tersebut bisa dilakukan sebanyak 4-5 kali dalam sehari.

nutrisi untuk anak kucing

Umur 4-8 Bulan

Karena ukurannya semakin besar, maka makanan yang diberikan juga semakin banyak. Anda bisa memberikan 5-6 pouch makanan basa per hari. Sedangkan untuk makanan basah dan kering bisa dikurangi yaitu 2 pouch makanan basah dan 40-48 gram makanan kering. 

Umur 8-12 Bulan

Makanan anak kucing umur 8-12 bulan sudah cukup banyak yaitu 6-7 pouch makanan basah per hari. Sementara campurannya yaitu 2 pouch makanan basah dan 48 gram makanan kering. Frekuensi pemberian makan lebih sedikit yaitu 2-4 kali sehari saja. 

Tips Memberikan Camilan

Camilan terkadang digunakan untuk melatih anak kucing agar nurut dengan pemiliknya. Ketika memberikan camilan, Anda harus mengurangi makanan utamanya. Jangan sampai anak kucing menjadi obesitas karena terlalu banyak makan.

Itulah cara memenuhi nutrisi untuk anak kucing yang bisa Anda lakukan. Rekomendasi makanan lezat dan bergizi untuk anabul Anda adalah Royal Canin. Makanan kucing satu ini jenisnya beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anabul. Anda bisa membelinya dengan mudah secara online. Informasi mengenai Royal Canin bisa Anda dapatkan di website resminya yaitu www.royalcanin.com