tagihan PLN

Apakah Anda sering terkejut ketika membayar listrik karena jumlahnya yang diluar dugaan? Anda mungkin sudah merasa hemat dan bijak dalam menggunakan listrik tapi tagihan PLN tetap jebol. Nah, membengkaknya tagihan ini bisa disebabkan oleh kebiasaan yang sering tidak disadari. Supaya hal ini tidak terus berkelanjutan sebaiknya segera temukan penyebab pemborosan listrik di rumah Anda.

5 Perilaku Tak Terduga Penyebab Boros Listrik

tagihan PLN

Di bawah ini adalah beberapa perilaku yang menyedot penggunaan listrik sehingga tagihan akhir bulan membengkak.

Menggunakan AC Terlalu Dingin

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis sehingga cuacanya cenderung panas. Saat siang hari memang akan terasa lebih nyaman jika berada di dalam ruangan yang menggunakan AC.

Jika Anda sering mengatur suhu AC yang sangat dingin maka hal ini akan banyak menyedot penggunaan listrik. Selain itu, penggunaan AC secara terus menerus juga akan membuat tagihan membengkak.

Agar lebih hemat listrik meskipun menggunakan AC maka atur dengan suhu yang tidak terlalu rendah. Pastikan ruangan tertutup dengan baik agar udara dingin yang dihasilkan AC tidak tercampur dengan udara luar. 

Saklar Otomatis pada Pompa Air

Apakah Anda menggunakan pompa air dengan saklar otomatis? Jika iya, maka hal ini juga bisa menjadi pemicu membengkaknya tagihan Anda. Penggunaan saklar otomatis ini masih membuat pompa menyedot listrik meskipun kran sudah tertutup.

Selain itu, daya listrik yang disedot oleh mesin pompa juga cukup besar. Meskipun sudah menggunakan saklar otomatis namun tidak membuat pompa air langsung mati. Pompa baru akan mati jika mencapai tekanan tertentu.

Rice Cooker

Menanak nasi dengan rice cooker memang lebih mudah dan praktis. Namun, perabotan yang satu ini ternyata memiliki watt yang cukup besar. Selain itu, setelah nasi matang Anda akan tetap membiarkannya menyala agar nasi tetap hangat.

Supaya bisa mengurangi penggunaan listrik sebaiknya masak nasi sekaligus untuk satu hari. Selain itu, saat semua anggota keluarga selesai makan Anda bisa mencabutnya. Nyalakan rice cooker ketika Anda akan makan agar nasi kembali hangat.

Komputer

Apakah Anda sering menggunakan komputer di rumah? Komputer bisa dikatakan penyedot daya listrik paling besar karena dayanya berkisar antara 400 watt. Pastikan Anda menggunakan komputer jika memang diperlukan. Membiarkan komputer dan CPU tetap menyala ketika tidak digunakan merupakan sebuah pemborosan.

Anda mungkin bisa menggunakan laptop jika ingin lebih hemat listrik. Watt pada laptop tidak mencapai 100 watt. Selain itu, perangkat ini memiliki kemampuan yang sama dengan komputer serta lebih praktis.

Menyetrika Baju yang Akan Digunakan Saja

Tindakan yang sering tidak disadari dapat menyedot penggunaan listrik yaitu menyetrika baju yang hanya akan dipakai saja. Sebaiknya Anda langsung menyetrika baju sekaligus sehingga tidak setiap hari menggunakan setrika. Luangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk merapikan baju-baju yang sering Anda gunakan.

Masih Menggunakan TV Tabung

Bagi Anda yang masih menggunakan TV tabung, sebaiknya segera ganti dengan TV LED. Selain tampilannya yang lebih ramping dan hemat tempat, TV LED ternyata jauh lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan TV tabung lho.

Bayar Tagihan dengan SimobiPlus

Anda yang sering terlambat membayar listrik karena sibuk dan malas antri bisa coba menggunakan SimobiPlus. Aplikasi yang khusus disediakan untuk nasabah bank Sinarmas ini dapat digunakan untuk membayar berbagai macam tagihan. Selain itu, Anda juga menikmati layanan transfer gratis biaya admin.