Calicivirus Pada Kucing
Calicivirus Pada Kucing

Sebagai pemelihara kucing, apakah Anda tahu, bahwa binatang peliharaan Anda itu wajib di vaksin? Bukan hanya untuk keselamatan Anda saja, agar tidak tertular penyakit berbahaya dari kucing, tetapi juga demi kesehatan kucing itu sendiri. Ada banyak varian virus yang mungkin menjangkiti kucing Anda. Beberapa diantaranya seperti calicivirus pada kucing, herpes virus, panleukopenia virus, dan masih banyak lagi.

Tak ubahnya dengan manusia, vaksin dimaksudkan untuk melindungi tubuh kucing Anda dari penyakit. Melawan virus dan bakteri yang masuk ke tubuh mereka agar selalu sehat dan ceria.

Calicivirus Pada Kucing dan Beberapa Virus Mematikan yang Bisa Dihindari dengan Vaksin

Calicivirus Pada Kucing lebih rentan melanda hewan peliharaan nokturnal ini, jika dibandingkan virus yang lain. Namun, tentu saja Anda tidak bisa abai begitu saja dengan jenis-jenis virus lain yang bisa membahayakan kucing Anda.

Berikut beberapa penyakit mematikan yang umum dialami kucing.

Calicivirus Pada Kucing

Feline Calicivirus

Penyakit ini sering menyiksa kucing kesayangan Anda, karena menyerang pernapasan atas dan mulut.

Virus ini dapat menyerang melalui mata, hidung dan mulut. Jika, kucing Anda menyentuh bagian permukaan yang terkontaminasi oleh virus ini. Jadi, pastikan juga untuk membuat lingkungan kucing Anda selalu bersih.

Pencegahan terbaik untuk virus ini tentu saja harus dengan vaksinasi. Apalagi, penyebaran virus ini begitu cepat di tubuh hewan peliharaan Anda ini.

Feline Herpesvirus

Virus ini termasuk ganas jika terkena kucing. Karena bisa menjadi bawaan penyakit seumur hidup.

Menyerang saluran pernapasan bagian atas, virus ini begitu cepat menular. Gejalanya bisa ditandai dengan terjadinya konjungtivitis, lesu, demam, bersin, batuk dan radang tenggorokan,

Feline Panleukopenia Virus

Virus ini cukup mematikan karena menyerang saluran pencernaan, sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf.

Kucing yang tidak mendapatkan vaksin, sangat rentan terkena virus ini. Dan lebih parahnya, virusnya mudah menular.

Virus Calicivirus memang salah satu virus mematikan yang bisa mematikan kucing jika terjangkit. Untuk itu, jangan lupa untuk memberikan vaksinasi pada kucing Anda sesuai anjuran dokter hewan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan dan memberikan makanan sehat bergizi pada kucing peliharaan Anda. Untuk makanan terbaik, Anda bisa memilih Royal Canin yang memiliki formula gizi yang pas untuk binatang kesayangan Anda. Bagaimanapun, tubuh yang sehat akan mampu melawan jenis penyakit apapun. Semoga bermanfaat.