perhiasan berlian berbeda

Baru pertama berencana membeli sebuah perhiasan berlian? Sebelum mencari dan membelinya, kenali terlebih dahulu perhiasan berlian berbeda yang asli dengan yang palsu. Tujuannya agar Anda bisa benar-benar mendapatkan model yang benar-benar terjamin kualitas dan keasliannya.

Ingin tahu bagaimana cara membedakan perhiasan berlian asli dengan yang palsu? Berikut ini kami sudah merangkum cara-caranya di bawah ini.

perhiasan berlian berbeda

1.  Cek Keaslian Menggunakan Diamond Selector

Saat ini Anda tidak perlu membeli alat khusus untuk mengecek keaslian berlian yang akurat. Alat bernama diamond selector tersebut biasanya sudah disediakan oleh pemilik toko perhiasan yang kredibel.

Dengan alat tersebut, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli perhiasan dahulu untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Anda hanya perlu meminta toko atau brand perhiasan tersebut membuktikan keaslian berlian dengan alat bernama diamond selector .

Jika berlian yang sudah Anda cek tersebut asli, maka alat digital tersebut akan berbunyi dan lampunya pun menyala. Akan tetapi, jika berliannya palsu maka alat tersebut tidak akan merespon baik itu berbunyi maupun menyala.

2.  Cek Sertifikat Perhiasan

Perhiasan emas berlian baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan umumnya sudah dilengkapi dengan sertifikat. Contohnya seperti sertifikat dari GIA (Gemological Institute of America).

Lembaga GIA adalah sebuah lembaga yang punya kriteria tertentu dalam menentukan kualitas berlian. Kualitasnya dinilai berdasarkan 4C (clarity, color, carat, cutting). Selain itu ada juga yang lebih tinggi lagi seperti 4C triple excellent cut.

Dengan memperhatikan sertifikat tersebut, maka Anda tidak hanya bisa mengetahui kualitasnya saja. Di sisi lain, Anda juga bisa mengetahui keaslian hingga tempat berlian tersebut ditemukan.

3.  Berlian Asli Tidak Berubah Warna dan Bentuk saat Terbakar

Berlian adalah sebuah batu mulia yang terbentuk selama jutaan tahun lamanya. Selain memiliki bentuk yang indah, berlian juga merupakan sebuah batu yang paling keras di dunia.

Berlian adalah sebuah batu mulia yang tidak berubah bentuk maupun berubah warna saat dibakar atau terbakar. Akan tetapi, jika Anda hendak membuktikannya, pastikan hanya dilakukan pada perhiasan yang sudah Anda miliki saja.

Jika berlian yang Anda tes tersebut tiba-tiba berubah bentuk saat dibakar, seperti meleleh, atau berubah warna, maka berlian tersebut bisa dipastikan palsu. Biasanya berlian yang berubah warna dan bentuk ini merupakan berlian imitasi yang umumnya terbuat dari bahan plastik.

4.  Berlian Asli Akan Tenggelam di Dalam Air

Selanjutnya, cara mengecek berlian yang sederhana yaitu dengan memasukkannya ke dalam segelas air, lalu silahkan Anda perhatikan. Jika berlian yang Anda tes ini tenggelam dan langsung berada di bawah dasar air, maka artinya berlian  yang Anda tes tersebut asli.

Namun sebaliknya, jika batu berlian tersebut mengambang ketika dimasukkan ke dalam segelas air, maka bisa saja itu berlian palsu karena bukan jenis batu alam.

5.  Percayakan Hanya di Pada Brand  yang Kredibel

Jika ingin memiliki kualitas berlian terbaik atau bahkan premium, kami menyarankan hanya memilih toko perhiasan yang kredibel dan brand ternama saja. Dengan begitu, perhiasan yang Anda beli terjamin kualitas maupun keasliannya.

Salah satu brand perhiasan ternama yang  bertaraf internasional dan hanya menawarkan produk premium yaitu Mondial. Perhiasan di brand ini bahkan menyediakan banyak perhiasan dengan model terbaru yang dibuat oleh desainer profesional.

Itulah beberapa cara yang perlu Anda perhatikan saat memilih perhiasan berlian berbeda yang terjamin keasliannya. Semoga bermanfaat.