cara merawat hewan peliharaan yang baik
cara merawat hewan peliharaan yang baik

Merawat hewan peliharaan tidak selalu merepotkan. Bahkan merawat hewan bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda dan keluarga. Ajari cara merawat hewan peliharaan yang baik pada anak sejak dini. Pasalnya anak-anak bisa mendapatkan manfaat berikut ini jika melakukannya:

Menumbuhkan Kepribadian yang Penyayang

Memelihara hewan membantu membentuk kepribadian yang lembut, mudah berempati, dan juga penuh kasih sayang. Jika terlibat mengurus hewan peliharaan, anak biasanya akan menyadari jika hewan juga sama seperti manusia. Butuh makan, tempat tinggal, dan juga kasih sayang. Jika dengan hewan sudah punya kasih sayang, maka dengan manusia pun akan sama.

Melatih Kedewasaan Anak

Bukan hanya menumbuhkan kepribadian yang penyayang, memelihara hewan juga bisa melatih kedewasaan anak. Ketika memiliki hewan, anak akan belajar mengenai rasa tanggung jawab. Biasanya anak rajin membantu mengerjakan tugas yang berhubungan dengan perawatan hewan peliharaan. Contohnya memberikan makanan, mengajak jalan-jalan, hingga memandikan.

Cara Merawat Hewan Peliharaan yang Baik

Mencegah Beberapa Masalah Kesehatan

Ternyata ada beberapa masalah kesehatan yang bisa dicegah dengan memiliki hewan peliharaan. Salah satunya yaitu alergi. Berdasarkan Dennis Ownby, interaksi dengan hewan peliharaan sejak balita bisa mengurangi risiko alergi. Bukan hanya alergi saja, memelihara hewan juga mencegah risiko terkena asma. 

Anak Tidak Kesepian

Anak tunggal biasanya lebih sering merasa kesepian karena tidak memiliki teman bermain di rumah. Hewan peliharaan adalah solusinya karena bisa membantu anak untuk tidak kesepian. Anak bisa bermain dengan hewan peliharaan, merawatnya, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya. Tanpa kehadiran saudara atau teman yang tidak selalu bisa bersama, anak-anak tidak akan kesepian. 

Memperkuat Ikatan Keluarga

Manfaat memelihara hewan selanjutnya yaitu membantu memperkuat ikatan keluarga. Jika memiliki hewan peliharaan, Anda dan anak-anak mungkin akan lebih sering berinteraksi untuk merawat hewan tersebut. Jadi ikatan keluarga menjadi lebih erat. Contohnya bersama-sama mengajak memandikan hewan peliharaan, jalan-jalan, bermain, dan lain sebagainya.

Itulah pentingnya mengajarkan anak cara merawat hewan peliharaan yang baik. Jangan lupa memberikan makanan terbaik untuk hewan peliharaan Anda. Royal Canin merupakan retail makanan hewan berupa anjing dan kucing. Pilih makanan berdasarkan usia dan ras hewan. Selengkapnya ada di website www.royalcanin.com