cara perawatan wajah yang benar
cara perawatan wajah yang benar

Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

Kadang-kadang kulit Anda tampak tidak bisa diatur, terutama saat Anda bangun dan menemukan jerawat besar di hidung atau sakit dingin di sudut mulut. Kabar baiknya adalah ada cara untuk mencegah dan mengobati masalah kulit yang umum – baca terus untuk beberapa tip.

Jerawat

Jerawat dimulai ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh sejenis minyak yang disebut sebum, yang biasanya melumasi kulit dan rambut. Jerawat sering terjadi selama masa pubertas ketika hormon bekerja berlebihan, menyebabkan kulit memproduksi sebum secara berlebihan. Karena banyak kelenjar penghasil minyak berada di dahi, hidung, dan dagu, area ini – zona-T – adalah tempat seseorang paling rentan terhadap jerawat.

Sun and Skin

Kita semua tahu bahwa kita perlu melindungi kulit kita dari sinar matahari yang berbahaya. Tentu saja, tidak mungkin untuk menghindari matahari – siapa yang ingin bersembunyi di dalam ruangan saat merasa sangat senang berada di luar? Dan matahari tidak semuanya buruk: Sinar matahari membantu tubuh kita menghasilkan vitamin D. Jadi ikuti tip ini saat Anda berada di luar ruangan untuk membantu mengelola paparan sinar matahari:

cara perawatan wajah yang benar

Luka dingin

Luka dingin biasanya muncul sebagai lepuh lembut di bibir. Penyebabnya adalah jenis virus herpes (HSV-1, yang paling sering tidak menular secara seksual) sehingga dapat menular dari orang ke orang. Setelah Anda mendapatkan virus ini, virus itu tetap berada di tubuh Anda, yang berarti Anda mungkin akan mengalami luka dingin sesekali sepanjang hidup Anda.

Eksim

Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan kering. Jika Anda menderita eksim, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda cenderung mengalami ruam gatal – terutama di tempat-tempat seperti siku dan lutut Anda menekuk atau di leher dan wajah Anda. Gejala eksim dapat berbeda dari orang ke orang.

Masalah Kulit Lainnya

Kutil adalah infeksi kulit kecil yang disebabkan oleh virus dari keluarga virus papiloma manusia (HPV). Tidak ada cara untuk mencegah kutil terjadi (selain menghindari kontak dengan orang yang mengalaminya). Tetapi jika Anda mendapatkannya, jangan menggosok, mengambil, atau menggaruknya karena Anda dapat menyebarkan virus dan mendapatkan kutil baru.

Beberapa obat bebas yang mengandung asam khusus dapat membantu menghilangkan kutil, tetapi sebaiknya temui dokter Anda sebelum mencobanya. Jika Anda menemukan kutil di area genital Anda, Anda harus menemui dokter Anda, yang dapat merekomendasikan metode pengobatan terbaik untuk area sensitif tersebut.

Jenis lain dari infeksi virus mirip kutil adalah moluskum kontagiosum. (Tidak seseram namanya!) Seperti kutil, kutil dapat ditularkan melalui garukan dan kontak seksual.

Garis putih halus atau keunguan pada kulit yang disebut stretch mark cukup umum terjadi pada kebanyakan remaja. Stretch mark terbentuk ketika jaringan di bawah kulit ditarik oleh pertumbuhan atau peregangan yang cepat, seperti saat pubertas. Stretch mark biasanya memudar dengan sendirinya seiring waktu. Bicaralah dengan dokter kulit jika Anda mengkhawatirkan mereka.

Karena kulit kita adalah cerminan paling terlihat dari apa yang terjadi di tubuh kita, orang menyamakan kulit yang sehat dengan kecantikan. Tetapi kulit yang sehat lebih dari sekedar penampilan yang bagus; itu penting untuk kelangsungan hidup kita. Jadi jaga kulit Anda bersinar dengan teknik perawatan kulit yang benar dan dengan makan dengan baik dan banyak berolahraga.